Kapal Bawa 600 Penumpang ke Bali Diperiksa, 14 Orang Tak Bawa Dokumen Diamankan

Indira Arri ยท Senin, 16 Mei 2022 - 08:35:00 WITA
Kapal Bawa 600 Penumpang ke Bali Diperiksa, 14 Orang Tak Bawa Dokumen Diamankan
Razia penumpang kapal tiba di Pelabuhan Benoa, Bali. Sebanyak 14 orang diamankan karena tak punya dokumen kependudukan. (Foto: iNews/Indira Arri)

DENPASAR, iNews.id - Sebanyak 14 orang penumpang kapal yang tiba di Pelabuhan Benoa Bali terjaring operasi yustisi. Mereka tak bisa menunjukkan dokumen kependudukan dan tujuan datang ke Bali. 

Belasan orang itu bagian dari 612 penumpang Kapal Motor Penumpang (KMP) Awu yang berangkat dari Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) selama musim arus balik Lebaran

Setibanya di pelabuhan, mereka melewati pemeriksaan ketat yang dilakukan tim gabungan Satpol PP, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), dan TNI-Polri.

Tak hanya pemeriksaan barang, namun juga kelengkapan dokumen kependudukan.

KM Awu tiba di Pelabuhan Benoa mengangkut 612 penumpang. (Foto: iNews/Indira Arri).
KM Awu tiba di Pelabuhan Benoa mengangkut 612 penumpang. (Foto: iNews/Indira Arri).

Penumpang yang tak memiliki dokumen kependudukan diproses datanya oleh Dukcapil. Sedangkan penumpang yang tidak membawa dokumen kependudukan namun sudah terekam datanya di Dukcapil diberikan layanan pencetakan E-KTP.

Kepala Satpol PP Denpasar, Anak Agung Ngurah Bawa Nendra mengatakan, pemeriksaan dokumen kependudukan ini bertujuan untuk mendisiplinkan pendatang ke Bali.

"Yang tidak jelas tujuannya ke Bali kita tahan dulu di sini sampai jelas tujuannya," kata Bawa Nendra, Minggu (15/5/2022).

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: