Rekomendasi Tempat Wisata di Ubud dan Sekitarnya, Nomor 6 Jadi Tempat Tinggal Salah Satu Raja di Bali

Rilo Pambudi ยท Jumat, 13 Mei 2022 - 20:59:00 WITA
Rekomendasi Tempat Wisata di Ubud dan Sekitarnya, Nomor 6 Jadi Tempat Tinggal Salah Satu Raja di Bali
6 tempat wisata di Ubud (Foto: Indonesia Travel)

JAKARTA, iNews.id - Rekomendasi 6 tempat wisata di Ubud dan sekitarnya berikut ini sangat cocok untuk dikunjungi ketika berlibur ke Bali. Ubud merupakan salah satu kawasan di Gianyar, Bali, yang memiliki segudang sumberdaya wisata.

Wisata yang ditawarkan di Ubud juga meliputi beragam tema, mulai dari wisata alam, tradisi, seni dan masih banyak lagi. Namun yang paling terkenal dari Ubud adalah pesona alam dan budayanya yang memukau.

Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Rabu (3/23/2022), berikut ini adalah 6 tempat wisata di Ubud dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau rombongan.

1. Sawah Terasering Tegalalang

Salah satu yang wajib dikunjungi ketika rekreasi ke Ubud adalah terasering Tegalalang.

Pada dasarnya, terdapat banyak sekali terasering yang ada di pulau Bali. Namun, hanya area sawah terasering Tegalalang dan Jatiluwih yang sangat terkenal dan menarik perhatian wisatawan. 

Lokasi terasering Tegalalang berada pada area tebing yang membuat pemandangannya semakin memukau. Foto terasering ini bahkan sering menjadi foto ikonik promosi objek wisata di Ubud, Bali.

Selain pemandangannya yang memukau, terdapat juga sejumlah cafe yang berada di pinggir jalan tepi sawah.

2. Monkey Forest Ubud 

Monkey Forest Ubud adalah salah satu objek wisata menarik di Ubud, Bali. Daya tarik destinasi wisata ini terletak pada kawasan hutan lindung yang masih asri dan terdapat banyak kera di dalamnya.

Kera-kera yang ada disini terkenal sudah jinak. Bahkan, kera-kera di sini sering diajak berfoto oleh pengunjung. Namun, bukan berarti kera-kera tersebut tidak pernah menggangu wisatawan.

Di sini juga terdapat pura Hindu yang dikenal dengan nama Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud.

Terdapat juga  beberapa aturan adat dan larangan yang harus dipatuhi ketika masuk ke area hutan ini. Lokasi objek wisata ini terletak di Jalan Monkey Forest, Ubud, Bali.

3. Goa Gajah

Dinamakan Goa Gajah, bukan berarti terdapat gajah di objek wisata ini. Objek wisata Goa Gajah ini dulunya adalah tempat yang dipergunakan untuk tempat bersemedi ketika abad 10 – 14 masehi. 

Daya tarik utama yang membuat wisatawan suka mengunjungi ke objek wisata Goa Gajah ini adalah tempatnya yang tenang, penuh nilai sejarah, dan artistik.

Objek wisata arkeologis ini juga memiliki keunikan ornamen ukiran di area luarnya. Di depan goa juga terdapat kolam besar dan terdapat lima patung yang sangat elok sekali jika dipotret.

4. Pura Taman Saraswati

Objek wisata Pura Taman Saraswati sejatinya adalah Pura Hindu ini dikhususkan sebagai tempat memuja Dewi Saraswati. 

Tempat ini sangat indah dan artistik sehingga menjadi buruan para traveler. Terdapat kolam penuh teratai yang mengelilingi pura dan membuatnya semakin indah.

Selain kolam teratai, pura ini juga terdapat panggung pementasan tari Bali yang cukup rutin mementaskan tari Kecak. Oleh sebab itu, pura ini memiliki daya tarik yang khas tersendiri. Pura ini beralamat di Jalan Kajeng, Ubud Bali.

5. Desa Wisata Nyuh Kuning

Desa wisata Nyuh Kuning di Ubud, Bali, dapat menjadi destinasi wisata budaya yang menarik.

Pengunjung bisa merasakan nuansa budaya dan adat penduduk Desa Nyuh Kuning yang tradisional dan memukau. Maka tak heran jika desa wisata ini menjadi salah satu situs wisata budaya di Bali. 

Rumah-rumah warga yang ada di sini dapat dijadikan tempat menginap. Wisatawan bisa berbaur dengan penduduk lokal dan merasakan suasana kearifan lokalnya.

Wisata desa ini terletak di Banjar Nyuh Kuning, Desa Mas, Kecamatan Ubud. Jika hanya sekedar berjalan-jalan di sini, pengunjung tidak akan dikenai biaya masuk.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: