Jerinx Tolak Sidang Virtual, Minta Dihadirkan di Persidangan

Aris Wiyanto ยท Senin, 07 September 2020 - 09:25 WITA
Jerinx Tolak Sidang Virtual, Minta Dihadirkan di Persidangan
Jerinx di Rutan Polda Bali

DENPASAR, iNews.id - Kuasa hukum Jerinx, I Wayan Suardana menolak rencana persidangan kliennya di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar digelar secara virtual. Dia meminta pria dengan nama asli I Gede Ari Astina itu dihadirkan di muka persidangan.

"Kami berharap sidang Jerinx tidak digelar virtual karena ini sidang mendapat perhatian besar dari publik, sehingga publik patut tahu kasus ini secara terang benderang di pengadilan," ujarnya di Denpasar, Senin (7/9/2020).

Pria yang akrab disapa Gendo ini menjelaskan, alasan Jerinx dan juga dirinya menolak persidangan digelar secara virtual karena kekhawatiran persidangan tidak berjalan terbuka dan fair. Sebab persidangan secara terpisah itu dikhawatirkan membuat Jerinx tidak bebas memberikan keterangan dalam keadaan tertekan.

"Satu-satunya cara memastikan Jerinx tidak dalam tekanan memberikan keterangan, adalah menghadirkan di persidangan," ujarnya.

Gendo mengatakan, dua kali penangguhan penahanan yang diajukan dirinya tidak dikabulkan baik oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali maupun PN Denpasar.

Hal ini menurutnya sangat berbeda dengan perlakuan terhadap tersangka kasus korupsi yang bisa mendapat penagguhan penahanan, padahal ancaman hukumnya lebih berat.

Persidangan Jerinx akan digelar mulai 10 September 2020. PN Denpasar telah menunjuk majelis hakim yang akan menyidangkan kasus ujaran kebencian yang dilakukan drummer Superman Is Dead itu terkait cuitan "IDI Kacung WHO".


Editor : Reza Yunanto