Evakuasi KMP Dharma Rucitra, Ratusan Pelampung Dikerahkan untuk Mengapungkan Kapal

Yunda Ariesta ยท Senin, 06 Juli 2020 - 14:05 WIB
Evakuasi KMP Dharma Rucitra, Ratusan Pelampung Dikerahkan untuk Mengapungkan Kapal
Proses evakuasi KMP Dharma Rucitra di Pelabuhan Padangbai Bali dengan cara mengapungkan badan kapal, Senin (6/7/2020)

KARANGASEM, iNews.id - Evakuasi KMP Dharma Rucitra III yang kandas di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali berlanjut dengan mengapungkan kapal. Namun kondisi kapal yang mengalami banyak kebocoran dan terlalu lama karam di laut, menyulitkan proses pengapungan.

"Saya mengharapkan kapal bisa balance, ternyata tidak bisa. Karena ada kebocoran di sana-sini jadi sulit mengapung normal," ujar Koordinator Tim Evakuasi, Abdul Khalik di lokasi, Senin (6/7/2020).

Untuk proses pengapungan ini, tim mengerahkan delapan air bag dan 100 alat pelampung lain dengan berat hingga 1 ton. Selain itu juga dikerahkan 500 drum sebagai alat pemberat.

Dia mengatakan, untuk membuat kapal tenggelam dalam posisi mengapung bukan persoalan mudah. Posisi kapal yang dalam keadaan tenggelam sebagian di sisi kanan, dan mengalami banyak kebocoran membuat proses pengapungan menjadi sulit.

"Sehingga untuk membalikkan kapal supaya seimbang, perlu kekuatan eksternal dari luar kapal," ujarnya.

Untuk membuat kapal mengapung dalam kondisi yang diinginkan, delapan air bag telah dipasang di sisi kanan kapal untuk membantu mengangkat sisi kanan kapal naik ke permukaan air.

Selain itu juga dipasang ratusan alat pengapung yang diharapkan bisa membantu mengangkat bagian kapal yang tenggelam. Sedangkan di sisi kiri kapal dipasang drum pemberat untuk membantu menyeimbangkan kapal.

"Sisi kanan dikasih pengapung agar mengungkit naik, sedangkan sisi kiri dikasih pemberat supaya bisa mengapung normal," katanya.

Dia belum bisa memastikan kapan evakuasi kapal nahas ini bisa selesai. Kendati demikian, dia berharap sore ini proses pengapungan bisa selesai. Menurut rencana, setelah kapal dalam keadaan mengapung normal, selanjutnya kapal akan ditarik keluar dari Pelabuhan Padangbai.

"Semoga sore ini bisa kita atasi, bisa mengapung normal," tuturnya.

KM Dharma Rucitra III mengalami kebocoran di bagian lambung saat merapat di Pelabuhan Padangbai, Jumat (12/6/2020) malam sekitar pukul 21.50 WITA. Akibatnya, kapal miring dan nyaris tenggelam. Seluruh awak kapal dan penumpang berhasil dievakuasi.

Evakuasi KMP Dharma Rucitra yang kandas di dermaga II telah dilakukan sejak dua pekan lalu dengan mengeluarkan sejumlah kendaraan bermotor dan ratusan kilogram muatan logistik yang terjebak di dalam lambung kapal.


Editor : Reza Yunanto