Evakuasi Berlanjut, 2 Truk Dikeluarkan dari Lambung KMP Dharma Rucitra

Antara ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 14:57 WIB
Evakuasi Berlanjut, 2 Truk Dikeluarkan dari Lambung KMP Dharma Rucitra
Truk dikeluarkan dari lambung KMP Dharma Rucitra yang tenggelam di Pelabuhan Padangbai, Rabu (24/6/2020). (Antara)

KARANGASEM, iNews.id - Evakuasi KMP Dharma Rucitra yang kandas di Pelabuhan Padangbai, Bali kembali dilanjutkan, Rabu (24/6/2020). Sejumlah kendaran bermotor kembali dikeluarkan dari lambung kapal.

"Untuk yang dievakuasi kemarin, ada enam kendaraan sedang dan dua sepeda motor. Kemudian hari ini ada dua kendaraan besar," kata Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, Rabu (24/6/2020).

Eka mengatakan, evakuasi muatan KMP Dharma Rucitra mengerahkan sejumlah penyelam untuk mengikat tali ke kendaraan di dalam lambung kapal, dan alat berat pengangkut.

Sementara itu, Koordinator Tim Evakuasi Kapal, Abdul Halik mengatakan, rencana evakuasi seluruh kendaraan yang berada dalam kapal tersebut ditargetkan rampung pada Sabtu pekan ini. Setelah pengeluaran mobil, selanjutnya akan dilakukan proses pengapungan terhadap kapal Dharma Rucitra III tersebut, yang ditargetkan pada 11 Juli 2020.

"Kita akan kerja seoptimal mungkin, dengan mengerahkan 36 personel. Untuk per harinya ditargetkan ada enam atau tujuh yang bisa keluar. Sampai dengan hari Sabtu nanti kita akan fokus mengeluarkan muatan dalam kapal itu dulu," katanya.

Sedangkan untuk penanganan kapal Dharma Rucitra III akan menggunakan dua kekuatan, yaitu kekuatan internal dari kapal itu sendiri dan menggunakan kapal eksternal melalui alat apung tambahan, untuk mengatur kesesuaian kapal itu sendiri.

KM Dharma Rucitra mengalami kebocoran di bagian lambung saat merapat di Pelabuhan Padangbai, Jumat (12/6/2020) malam sekitar pukul 21.50 WITA. Akibatnya, kapal miring dan nyaris tenggelam. Seluruh awak kapal dan penumpang berhasil dievakuasi.


Editor : Reza Yunanto