32 Orang Positif, Pasar Galiran Bali Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19

Reza Yunanto ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 14:17 WIB
32 Orang Positif, Pasar Galiran Bali Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19
Rapid test 1.700 pedagang Pasar Galiran Klungkung, Senin (22/6/2020). (iNews.id/Juli Arsana)

KLUNGKUNG, iNews.id - Pasar Galiran di Kabupaten Klungkung, Bali menjadi klaster baru penyebaran virus corona (Covid-19). Sebanyak 32 orang positif terjangkit Covid-19 dari pasar tersebut.

"Pasar Galiran saat ini menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Klungkung. Berawal dari satu-dua orang yang terinfeksi, sehingga sampai hari ini didapatkan sudah ada 32 orang yang terpapar Covid dari klaster Pasar Galiran," ujar Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra dikutip dari Instagram @PemprovBali, Rabu (24/6/2020).

Dewa Indra mengatakan, Gugus Tugas mendukung penuh keputusan Pemerintah Kabupaten Klungkung yang menutup pasar dan melakukan rapid test massal terhadap ribuan pedagang pasar. Dia bersama Kepala Dinas Kesehatan Bali Ketut Suarjaya telah memantau langsung rapid test di Pasar Galiran pada Selasa (23/6/2020) kemarin.

"Kita mendukung dilakukan tracing lebih massif. Maka itu kemarin pedagang di sini yang jumlahnya 1.700 lebih dipanggil untuk melakukan screening pemeriksaan awal," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwitra memutuskan untuk menutup Pasar Galiran selama tiga hari mulai 22 Juni hingga 24 Juni 2020. Selama pasar ditutup, seluruh pasar akan disemprot disinfektan selama tiga hari berturut-turut. Kemudian akan dilakukan penataan di dalam pasar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sedangkan pedagang yang akan kembali berjualan harus membawa surat keterangan sehat bebas Covid-19.


Editor : Reza Yunanto