Dugaan Penipuan 350 Calon PMI Dilaporkan ke Polda Bali, Korban Setor Puluhan Juta

Antara ยท Jumat, 23 September 2022 - 15:39:00 WITA
Dugaan Penipuan 350 Calon PMI Dilaporkan ke Polda Bali, Korban Setor Puluhan Juta
Audiensi perwakilan 350 calon pekerja migran Indonesia (PMI) yang menjadi korban penipuan PT MAG Diamond di Denpasar, Jumat (23/9/2022). (Foto: ANTARA)

DENPASAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi Bali memastikan kasus dugaan penipuan 350 calon pekerja migran Indonesia (PMI) oleh PT MAG Diamond diproses secara hukum. Kasus tersebut telah ditangani oleh Polda Bali.  

"Perusahaan itu belum memenuhi persyaratan. Itu ilegal dan melanggar hukum. Sudah diajukan ke Polda Bali," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bali, Ida Bagus Ngurah Arda usai audiensi dengan ratusan calon PMI yang menjadi korban penipuan di Denpasar, Jumat (23/9/2022).

Menurut Arda, dari catatan Disnaker Bali, perusahaan yang telah menarik uang dari 350 calon PMI itu tidak memiliki izin P3MI (Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia).

Mereka baru mengajukan izin OSS atau tahap pertama, sehingga belum bisa memenuhi persyaratan.

Pada 18 April 2022, Arda mengaku bertemu dengan Direktur PT MAG Diamond dan 5 orang yang melaporkan penipuan itu ke Polda Bali.

"Dia berjanji akan mengembalikan uang itu paling lambat 2 Mei 2022, tetapi tidak ada tindak lanjut. Akhirnya dibantu LBH Bali mengadu ke Polda Bali," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: