Ditangkap di Jakarta, Bos Hotel Kuta Paradiso Dieksekusi ke Lapas Kerobokan

dewi umaryati ยท Selasa, 08 September 2020 - 23:00:00 WITA
Ditangkap di Jakarta, Bos Hotel Kuta Paradiso Dieksekusi ke Lapas Kerobokan
Jaksa Kejari Denpasar mengeksekusi Harjanto Karjadi (masker putih) ke Lapas Kerobokan untuk menjalani vonis 2 tahun penjara dari majelis hakim, Selasa (8/9/2020) (foto : Kejari Denpasar)

DENPASAR, iNews.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Denpasar, Bali menangkap bos Hotel Kuta Paradiso Harijanto Karjadi di Jakarta dan langsung dijebloskan ke Lapas Kerobokan, Selasa (8/9/2020) malam. Penangkapan ini dilakukan setelah terpidana dua tahun penjara ini mangkir dari panggilan jaksa penuntut umum (JPU).

Tim gabungan yakni dari jajaran intelijen Kejari Denpasar, Kejati Bali dibantu Polda Bali menangkap Harijanto di Jakarta, dan langsung dibawa ke Bali tiba pukul 20.00 Wita.

“Tiba di Ngurah Rai (bandara), terpidana langsung dibawa ke Lapas Kerobokan untuk menjalani vonis 2 tahun penjara,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Bali, A Luga Harlianto.

Harijanto dieksekusi jaksa sesuai putusan kasasi Mahkamah Agung RI Nomor 595K/Pid/2020 tanggal 2 Juli 2020. Terpidana dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana menggunakan akta otentik yang dipalsukan (Pasal 266 ayat 2 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP).

Sebelumnya, Harijanto dinyatakan bersalah dan divonis 2 tahun di tingkat sidang pertama Pengadilan Negeri. Dia pun mengajukan banding dan dibebaskan karena dinyatakan tidak bersalah oleh majelis hakim.

Jaksa melakukan kasasi yang mengeluarkan putusan menguatkan putusan di PN Denpasar.

Sebelum dijebloskan ke Lapas Kerobokan, kondisi terpidana Harijanto sehat dan sebelum diberangkatkan ke Bali sempat menjalani rapid test dengan hasil non reaktif.

Harijanto bersama saudaranya Hartono dilaporkan ke Polda Bali. Keduanya dilaporkan Tommy Winata melalui kuasa hukumnya Desrizal atas dugaan memberikan keterangan palsu dalam akta otentik dan atau penggelapan dan atau pencucian uang.

Editor : Dewi Umaryati