Apel Kasatwil, Kapolri Ingatkan Kebiasaan Berbuat Baik dan Hindari Tindakan Kontraproduktif

MNC Media ยท Sabtu, 04 Desember 2021 - 12:13:00 WITA
Apel Kasatwil, Kapolri Ingatkan Kebiasaan Berbuat Baik dan Hindari Tindakan Kontraproduktif
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Apel Kasatwil 2021 di Denpasar, Bali, Jumat (3/12/2021) malam. (Foto: Ist)

Dia mengingatkan sekali lagi, bahwa transformasi perubahan mutlak harus dilakukan dan menjadi arus pikir bersama seluruh personel. Sebagai organisasi besar, Polri harus menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan ditengah perkembangan zaman. 

Menurutnya, setiap personel Polri wajib memiliki tiga kompetensi yakni kompetensi teknis terkait dengan profesionalisme, kompetensi leadership yang mumpuni saat memimpin dari satuan terkecil hingga terbesar, dan kompetensi etika. 

Dia mengaku tak cukup khawatir dengan dua kompetensi yang dianggap telah dimiliki seluruh personel. Namun ia menitikberatkan kompetensi etika, yakni bagaimana mengubah kultur budaya organisasi dalam benaknya. 

"Yang paling sulit kompetensi etika. Gimana kita tanamkan nilai baik untuk dibiasakan sehingga itu menjadi perilaku keseharian. Itu menjadi suatu modal keutamaan tanpa kita sadar kalau ini bisa kita lakukan maka risiko untuk lakukan pelanggaran akan berkurang," ujarnya.

Dia sangat yakin, jika dapat mengubah kultur budaya organisasi, bisa dipastikan Polri akan sangat betul-betul dicintai dan sangat dekat dengan masyarakat. 

"Apabila kita ingin anggota kita baik, tanamkan budaya untuk berbuat baik. Ini harus dilakukan berulang-ulang,” ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: