Sindiran Jokowi untuk Kapolda Sowan ke Sesepuh Ormas: Polri Harus Jaga Wibawa!

Dita Angga, Puteranegara Batubara ยท Jumat, 03 Desember 2021 - 16:10:00 WITA
Sindiran Jokowi untuk Kapolda Sowan ke Sesepuh Ormas: Polri Harus Jaga Wibawa!
Presiden Joko Widodo meminta kapolda dan kapolres yang baru dilantik untuk menjaga wibawa. (Foto akun Sekretariat Presiden).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertanyakan tindakan kapolda dan kapolres yang sowan ke sesepuh ormas pembuat keributan usai dilantik. Jokowi mengingatkan agar petinggi Polri menjaga kewibawaan.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat Apel Kasatwil Polri di Denpasar, Bali, Jumat (3/12/2021). 

"Saya sudah lama sekali ingin menyampaikan. Ada kapolda baru, ada kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan. Bener ini? ,” tanya Jokowi yang direspons diam seluruh anggota Polri yang hadir.

Jokowi melanjutkan, kebanyakan pejabat Polri menjawab kunjungan tersebut untuk menciptakan situasi yang kondusif. Tapi lagi-lagi Jokowi mempertanyakan apakah cara itu benar.

Dia menegaskan agar para petinggi Polri tidak menggadaikan kewibawaannya kepada pelanggar hukum

"Saya tanya ke kapolres. Kenapa bapak melakukan ini? Supaya kotanya kondusif. Tapi apakah cara itu betul? Hati-hati jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum. Banyak ini saya lihat. Saudara-saudara harus memiliki kewibawaan. Polri harus memiliki kewibawaan," tuturnya. 

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: