31 Warga Binaan Lapas Kerobokan Positif Covid, Kadivpas Bali Minta Blok Khusus Isolasi

Antara ยท Sabtu, 24 Oktober 2020 - 08:33:00 WITA
31 Warga Binaan Lapas Kerobokan Positif Covid, Kadivpas Bali Minta Blok Khusus Isolasi
Pemeriksaan terhadap narapidana baru tahap pertama di depan ruang tahanan Rutan Kelas IIB Bangli, (26/5/2020). (Foto: Dok Humas Kemenkumham Bali)

DENPASAR, iNews.id - Sebanyak 31 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kerobokan, Bali terkonfirmasi positif Covid-19. Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkum dan HAM Bali Suprapto pun meminta seluruh lapas menyediakan satu blok khusus isolasi warga binaan positif Covid-19.

"Mencegah klaster lapas dan kami meminta seluruh lapas dan rutan menyiapkan satu blok khusus isolasi. Kami juga sudah mengantisipasi dengan membagikan untuk keperluan rapid test (tes cepat) di setiap lapas atau rutan," katanya, Jumat (24/10/2020).

Selama ini, pihaknya juga telah menyiapkan dan mengoptimalkan Rutan Bangli, sebagai tempat karantina khusus WBP yang positif Covid-19.

Dia mengatakan Rutan Bangli sudah digunakan sejak beberapa waktu lalu. Sejak Rabu (21/10/2020), beberapa WBP yang sudah menerima vonis pengadilan dibawa untuk isolasi di Rutan Bangli.

"Beberapa yang reaktif dan positif tetap diobati dan ditangani secara khusus di sana. Setelah membaik akan di bawa ke lapas masing-masing. Kapasitasnya 40-50 dengan bergantian, 14 hari keluar, setelah itu 14 hari kemudian ada yang masuk," katanya.

Editor : Nani Suherni