30 Orang di Denpasar Positif Covid-19, Mayoritas dari Klaster Pasar

Sindonews.com, Antara ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 09:46 WIB
30 Orang di Denpasar Positif Covid-19, Mayoritas dari Klaster Pasar
Pasar Kumbasari Ditutup setelah 18 pedagang dinyatakan positif Covid-19. (Foto: iNews.id/Muhammad Muhyiddin)

DENPASAR, iNews.id - Transmisi lokal penularan virus corona (Covid-19) di Kota Denpasar, Bali mengalami lonjakan signifikan. Sebanyak 30 orang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 pada Rabu (17/6/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Denpasar, Dewa Gede Rai membenarkan jika 30 orang yang dinyatakan positif Covid-19 itu merupakan kasus transmisi lokal. Bahkan mayoritas di antaranya berasal dari klaster pasar.

"Kasus positif meningkat sebanyak 30 orang, dan itu akibat transmisi lokal," kata Dewa Gede Rai di Denpasar, Rabu (17/6/2020) malam.

Dewa Rai menjelaskan peningkatan kasus Covid-19 di Kota Denpasar saat ini didominasi oleh transmisi lokal klaster pasar. Dia tidak merinci jumlah kasus positif dari klaster pasar.

Kendati demikian, Dewa Rai menyebut terjadi tren peningkatan kasus positif dari pasar. Salah satu yang disorot yakni Pasar Kumbasari. Dari klaster tersebut, sebelumnya ditemukan 18 kasus positif yang semuanya merupakan pedagang.

Dewa Rai memastikan, Gugus Tugas terus menelusuri penularan dari klaster pasar agar tidak makin meluas.

“Kami berusaha untuk menelusuri kasus yang terjadi. Sebab kalau tidak terdeteksi, ini bisa jadi ancaman akan penyebaran yang lebih luas dan nantinya bisa lebih membahayakan," ujar pria yang juga Kabag Humas Pemkot Denpasar ini.

Dewa Rai menjelaskan, akumulasi kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar saat ini sebanyak 241 kasus positif. Dari jumlah itu, 104 orang sudah sembuh, dua orang meninggal dunia, dan 135 orang masih dalam perawatan.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yang masih diawasi sebanyak 810 kasus. Orang Dalam Pemantauan (ODP) 35 kasus, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 72 kasus.


Editor : Reza Yunanto