10 Senjata Tradisional Bali yang Melegenda, Nomor 5 Identik dengan Perempuan

Reza Rizki Saputra ยท Rabu, 03 Agustus 2022 - 15:35:00 WITA
10 Senjata Tradisional Bali yang Melegenda, Nomor 5 Identik dengan Perempuan
Senjata tradisional Bali Keris Tayuhan. (Foto: dhiaco.com)

JAKARTA, iNews.id - Senjata tradisional Bali merupakan warisan budaya yang turun-temurun dikenal oleh masyarakat. Tak hanya pariwisata yang memukau hingga mancanegara, budaya Bali juga dikenal menarik dan unik.

Berikut ini senjata tradisional suku Bali yang perlu diketahui:

1. Keris Tayuhan

Senjata tradisional Bali yang pertama adalah Keris Tayuhan. Keris ini disinyalir merupakan senjata yang berasal dari kebudayaan pada zaman kerajaan Majapahit.

Berbeda dengan jenis keris di Jawa, keris Tayuhan ini umumnya memiliki mata berlekuk dan dihiasi oleh ukiran, kemudian pada bagian gagangnya terkadang akan dihiasi dengan permata. Bagi masyarakat suku Bali, keris tayuhan dianggap sebagai simbol dan juga identitas diri. 

Selain difungsikan sebagai senjata tradisional, keris Tayuahn kini juga digunakan sebagai aksesori atau atribut untuk mewakili seseorang dalam undangan pernikahan. Sebagai peninggalan sejarah di Bali, keris Togogan banyak diyakini sebagai senjata pusaka yang disakralkan.

2. Serampang atau Trisula

Serampang merupakan senjata tradisional Bali yang berbentuk trisula dengan lengan tongkat yang pendek. Tombak mata tiga pada serampang dimaknai sebagai simbol kesatuan dari Tri Guna atau tiga sifat dasar manusia, yakni sattvam (kebaikan), rajas (nafsu), dan tamas (kejahatan). Menurut keyakinan masyarakat Suku Bali, Serampang dianggap sebagai alat yang kerap digunakan oleh Dewa Siwa.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: