Detik-detik KM Mutiara Timur I terbakar di perairan Karangasem, Bali hingga akhirnya tenggelam di Selat Lombok, Kamis (17/11/2022) sore. (Foto: Yunda Ariesta)
Yunda Ariesta

KARANGASEM, iNews.id - KM Mutiara Timur I yang terbakar di perairan Kubu, Karangasem, Bali, akhirnya tenggelam pada Kamis (17/11/2022) sore di Selat Lombok. Puluhan kendaraan yang berada dalam kapal ikut terkubur di dasar laut.

Sebelum kapal benar-benar tenggelam, suara ledakan masih terdengar dari kejauhan. Api juga masih tampak menyala.

"Kapal sudah dalam kondisi miring. Saat itu kondisi masih menyala apinya dan terdengar ledakan," kata Kepala KSOP Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, Jumat (18/11/2022).

Menurutnya, KM Mutiara Timur I sudah terseret arus hingga 7 mil laut dari posisi awal. Kapal yang sudah dalam kondisi miring itu akhirnya tenggelam dan menyentuh dasar laut.  

Kapal yang mengangkut ratusan penumpang dengan tujuan Lombok itu diperkirakan tenggelam di kedalaman 800 hingga 1.000 meter.

Menurut Suyasmin, posisi tenggelamnya KM Mutiara Timur I itu diperkirakan tidak akan mengganggu jalur pelayaran, sehingga tidak akan dilakukan evakuasi.

"Di kedalaman 800-1.000 meter posisi cukup aman. Kita tidak akan melakukan evakuasi seperti itu," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, KM Mutiara Timur I yang berpenumpang 234 orang dan 24 ABK, terbakar pada Rabu (16/11) sore. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, karena seluruh penumpang dan ABK berhasil dievakuasi sebelum kapal tenggelam. 

KM Mutiara Timur I berangkat dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dengan tujuan Pelabuhan Lembar, Lombok.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT