Plt Direktur RSUD Bali Mandara, dr Ketut Suarjaya. (Foto: iNews/Indira Arri)
Antara

DENPASAR, iNews.id - RSUD Bali Mandara menjadi satu dari lima rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan medis KTT G20. RSUD Bali Mandara telah menyiapkan 10 ruang rawat inap VVIP untuk delegasi yang membutuhkan penanganan medis.  

"Untuk VVIP kami siapkan 10 tempat tidur dan bila diperlukan masih bisa dilakukan penambahan," kata Plt Direktur RSUD Bali Mandara, Ketut Suarjaya di Denpasar, Senin (30/5/2022).

RSUD Bali Mandara merupakan satu dari lima rumah sakit di Bali yang menjadi rumah sakit rujukan untuk menangani kondisi gawat darurat para delegasi KTT G20.

Selain RSUD Bali Mandara, juga ada RSUP Sanglah, RS Siloam, RS BIMC Nusa Dua, dan RS Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Udayana.

"Di bawah koordinasi Dinas Kesehatan Provinsi Bali, kami sudah menyiapkan sarana-prasarana, tenaga kesehatan, ruang IGD, ICU dan ruang rawap inap VVIP," ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali ini menambahkan, untuk tenaga kesehatan tersedia dalam jumlah yang cukup dan beragam spesialisasi. 

Suarjaya menambahkan, RSUD Bali Mandara juga memiliki layanan unggulan seperti pelayanan bedah, hemodialisa, komprehensif, kosmetik medik dan kanker terpadu yang segera diluncurkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster.

"RSUD Bali Mandara akan memberikan pelayanan kesehatan kepada para delegasi atau peserta Keketuaan G20 yang kasus penyakitnya tergolong sedang dan berat," katanya.

Untuk kasus-kasus yang ringan akan ditangani di lokasi pertemuan yang sudah dilengkapi mini ICU, sedangkan untuk kasus sakit yang sedang akan dirujuk ke rumah sakit terdekat yakni RS BIMC Nusa Dua dan RS PTN Unud.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT