Wayan Koster Yakin Arak Bali Bisa Bersaing dengan Vodka

Antara ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 11:04:00 WITA
Wayan Koster Yakin Arak Bali Bisa Bersaing dengan Vodka
Gubernur Bali Wayan Koster. (Foto: Facebook Pemprov Bali)

DENPASAR, iNews.id - Gubernur Bali Wayan Koster meyakini arak Bali bisa bersaing dengan minuman lain. Apalagi dengan minuman khas tradisional negara lain seperti sake dan vodka.

"Saya terus promosikan, sampai di Jakarta. Di kalangan wisatawan banyak yang memuji kualitas arak Bali. Karena itu, saya yakin nantinya akan semakin berkembang menjadi sebuah industri, bersaing dengan sake, soju atau vodka," kata Koster, Rabu (21/10/2020).

Menurut dia, kemajuan perkembangan arak Bali menuju pada arah industri didorong oleh terbitnya Pergub Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali.

"Sejak dikeluarkannya Pergub Nomor 1 Tahun 2020, kebijakan ini membawa berkah bagi petani dan pembuat arak tradisional. Arak Bali sudah sangat terangkat dan makin diminati banyak orang," ucapnya.

Kebijakan Pergub tersebut, kata dia, berdampak peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama terhadap upaya mengangkat produk-produk lokal Bali.

"Baru pertama kali saya kira ada produk lokal yang berkembang lewat kebijakan gubernur (Pergub-red). Bahkan belum satu tahun (diterbitkan) sudah ada bukti riil di lapangan," ujar mantan anggota DPR tiga periode itu.

Belum lagi, dia mengklaim arak Bali pada masa pandemi ini ternyata juga punya khasiat "usadha" yang terbukti membantu mempercepat penyembuhan pasien Covid-19.


Editor : Faieq Hidayat