Warga Gianyar Pasien Covid-19 Meninggal, Keluhkan Demam selama Seminggu

Nyoman Astana ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 07:18 WIB
Warga Gianyar Pasien Covid-19 Meninggal, Keluhkan Demam selama Seminggu
Pemakaman warga Gianyar pasien Covid-19, Sabtu (28/6/2020). (Foto: iNews/Nyoman Astana).

GIANYAR, iNews.id - Salah seorang warga berinisial IMM asal Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar meninggal dunia ketika dirawat di Rumah Sakit Universitas Udayana (RS UNUD). Dari hasil tes swab, pasien meninggal ini positif Covid-19.

IMM dirawat di RS UNUD pada 25 Juni, sementara tes swab keluar pada Jumat (26/6/2020). Jenazah pasien pun dikubur dengan protokol Covid-10. Petugas dari Yonzipur 18/YKR Gianyar yang membantu proses pemakaman dilengkapi alat pelindung diri (APD).

Dari data Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Gianyar, tercatat IMM sebelumnya dirujuk ke RS UNUD, dia dirawat di RS Kasih Ibu Sabha Blahbatuh Gianyar pada 21 Juni. IMM mengalami gejala demam selama satu minggu, nyeri dada dan diare.

Tidak ada penolakan dari warga atas penguburan pasien Covid-19 ini. Sesuai pengamanan, pemakaman hanya dihadiri hanya petugas dan beberapa petugas desa.

"Pengamanan antisipasi kalau ada masyarakat atau keluarga yang mendekat. Kami pastikan tidak ada warga yang menolak pemakaman jenazah," kata Kapolsek Blahbatuh, AKP Yoga Widyatmoko, Sabtu (27/6/2020).

Sementara itu, Camat Blahbatuh Ida Bagus Dharma Yuda menjelaskan, petugas kesehatan telah mentracing sejumlah orang yang kontak lansung dengan pasien. Beberapa di antaranya sudah rapid test.

"Rapid test terhadap 39 orang terkontak erat dengan pasien," ucapnya.


Editor : Nani Suherni