Ratusan ABK Penyeberangan Sanur-Nusa Penida Rapid Test, Hasilnya Nonreaktif

Muhammad Muhyiddin · Sabtu, 27 Juni 2020 - 14:36 WIB
Ratusan ABK Penyeberangan Sanur-Nusa Penida Rapid Test, Hasilnya Nonreaktif
Sebanyak 250 ABK di penyeberangan Sanur Nusa Penida, Bali mengikuti rapid test, Sabtu (27/6/2020). (iNews.id/Muhammad Muhyiddin)

DENPASAR, iNews.id - Sebanyak 250 anak buah kapal (ABK) penyeberangan Sanur menuju Nusa Penida, Bali menjalani rapid test. Rapid test dilakukan karena para ABK dinilai rawan terpapar Covid-19 lantaran sering berinteraksi dengan banyak orang termasuk wisatawan.

Rapid test digelar di Pantai Matahari Terbit, Sabtu (27/6/2020). Para ABK ini biasa beroperasi di kapal-kapal penyeberangan yang melayani rute dari Sanur menuju Pulau Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan yang merupakan kawasan wisata di Kabupaten Klungkung.

Kepala Pelabuhan Wilayah Kerja Sanur, Tonny E Bokty mengatakan, para ABK yang sering berinteraksi dengan wisatawan domestik dan mancanegara dipandang perlu untuk diketahui kondisi kesehatannya.

"Yang dilakukan rapid itu kru kapal, operator, termasuk petugas reservas tiket dan petugas pelayanan-pelayanan terkait di Sanur," kata Tonny di lokasi, Sabtu (27/6/2020).

Tonny mengatakan, seluruh ABK yang mengikuti rapid test mendapatkan hasil nonreaktif. Pelaksanaan rapid test juga untuk menyambut new normal pariwisata Bali yang akan mulai dibuka bertahap.

Penyeberangan Sanur di Denpasar Bali merupakan salah satu akses penyeberangan menuju tiga pulau di Klungkung, Bali. Penyeberangan ini lebih banyak melayani wisatawan ketimbang warga setempat.


Editor : Reza Yunanto