Wagub Bali Tantang Insinyur Implementasikan Kearifan Lokal

Antara ยท Sabtu, 22 Mei 2021 - 18:25:00 WITA
Wagub Bali Tantang Insinyur Implementasikan Kearifan Lokal
Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (tengah) dalam Pelantikan Ketua Pengurus Wilayah PII Bali. Foto: Antara

DENPASAR, iNews.id - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Bali ditantang untuk mengimplementasikan kearifan lokal dalam merancang infrastruktur di Pulau Dewata. Wagub Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menilai, peran PII penting dalam menghadapi revolusi pariwisata.

Cok Ace menyatakan hal itu sewaktu melantik Ketua Pengurus Wilayah PII Bali dan Ketua Pengurus cabang Bali periode 2021-2024 di Denpasar, Sabtu (22/5/2021). Kegiatan pelantikan ini dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan.

"Meskipun semakin banyaknya perencana atau insinyur asing yang datang ke Bali, hal tersebut tentu merupakan tantangan tersendiri serta bahkan terkadang membawa pengaruh yang kurang baik bagi perkembangan profesi insinyur di Bali," ucap Cok Ace.

Sebagai daerah destinasi wisata unggulan domestik dan internasional, Bali harus siap menghadapi pesatnya pertumbuhan penduduk pendatang. Cok Ace menilai pemantapan kearifan lokal penting bagi insinyur untuk memastikan elemen kultur dan identitas Bali terjaga.

"Mengimplementasikan kearifan lokal kita itu seperti Tri Hita Karana, Asta Kosala-kosali, Asta Bhumi, dan lain-lainnya," kata dia.

Ketua PII Pusat, Heru Dewanto, menyampaikan selamat atas kepengurusan PII Wilayah dan Cabang Provinsi Bali periode 2021-2024. Dia berharap kepengurusan tersebut dapat memberikan spirit baru bagi keberlangsungan organisasi PII di Bali serta memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan Bali.

Heru Dewanto mengungkapkan, saat ini negara telah mengakui bahwa insinyur merupakan gelar keprofesian. Untuk itu, dalam mencari gelar tersebut harus ada beberapa step yang dilalui termasuk memiliki STRI.

"Untuk itu, ia berharap dengan adanya pengakuan dari negara terhadap profesi insinyur ini dapat lebih memantapkan kontribusi dalam pembangunan di Indonesia," katanya

Editor : Erwin C Sihombing