Vonis Berkurang, Kuasa Hukum: Jerinx yang Akan Putuskan Terima atau Kasasi

Muhammad Muhyiddin · Selasa, 19 Januari 2021 - 16:24:00 WITA
Vonis Berkurang, Kuasa Hukum: Jerinx yang Akan Putuskan Terima atau Kasasi
Kuasa hukum Jerinx, Wayan Suardana di PN Denpasar. (iNews.id/Muhyiddin)

DENPASAR, iNews.id - Putusan banding Pengadilan Tinggi Denpasar mengurangi vonis I Gede Ary Astina alias Jerinx dari 14 bulan menjadi 10 bulan. Jerinx belum memutuskan apakah akan menerima putusan tersebut atau mengajukan upaya hukum selanjutnya.

"Langkah selanjutnya kami akan konsultasi dengan Jerinx. Dia yang akan mengambil keputusan menerima (banding) atau melakukan langkah hukum kasasi," ujar kuasa hukum Jerinx, Wayan Suardana di Denpasar, Selasa (19/1/2021).

Pria yang akrab disapa Gendo itu hari ini mengambil salinan putusan banding tersebut di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar. Dia menegaskan, putusan banding tersebut tetap menyatakan kliennya bersalah. Namun pidana penjara yang dijatuhkan menjadi berkurang.

Sementara itu humas PN Denpasar, Gede Astawa mengatakan, putusan banding perkara Jerinx pada intinya tetap sama menyatakan terpidana bersalah.

Hanya amar putusan pidana saja yang berubah dari 14 bulan menjadi 10 bulan, sedangkan untuk pidana tetap Rp10 juta subsidair satu bulan kurungan.

Dia menambahkan, putusan banding telah diketuk palu pada 14 Januari 2021 lalu. Namun salinan putusan tersebut baru diterima PN Denpasar hari ini.

"Pada intinya sama menyatakan perbuatan pidananya terbukti. Namun amar pidananya berkurang ," ujarnya.

Sebelumnya Jerinx divonis 14 bulan penjara dan denda Rp10 juta subsidair satu bulan kurungan oleh majelis hakim PN Denpasar.

Namun Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengajukan banding. JPU enganggap vonis yang dijatuhkan majelis hakim PN Denpasar itu belum memberikan efek jera pada terdakwa dan masyarakat dalam bermedia sosial.

Editor : Reza Yunanto