Tumpahan Minyak KM Dharma Rucitra Cemari Perairan Padangbai

Yunda Ariesta ยท Sabtu, 13 Juni 2020 - 15:51 WIB
Tumpahan Minyak KM Dharma Rucitra Cemari Perairan Padangbai
Tumpahan minyak dari KM Dharma Rucitra yang kandas mencemari Pelabuhan Padangbai, Bali. (Foto: iNews.id/Yunda Ariesta)

KARANGASEM, iNews.id- Tumpahan minyak mencemari perairan di sekitar Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali. Minyak tersebut merupakan bahan bakar minyak (BBM) KM Dharma Rucitra dan puluhan kendaraan yang terjebak dalam kapal.

Pantauan iNews.id, Sabtu (13/6/2020) siang, KM Dharma Rucitra belum dievakuasi. Posisi kapal yang miring ke kanan dan nyaris tenggelam, membuat BBM kapal tumpah ke perairan.

Tak cuma BBM kapal, minyak tersebut juga bersumber dari puluhan kendaraan yang berada di lambung kapal.

Untuk mengatasi tumpahan minyak tersebut, pengelola Pelabuhan Padangbai telah meminta bantuan kapal tugboat Pertamina. Kapal Pertamina menyemprotkan cairan yang bisa mengikat tumpahan minyak agar tak meluas.

"Pihak pelabuhan juga mengimbau sementara tidak merokok dekat perairan. Tumpahan minyak yang mulai menyebar dikhawatirkan memicu kebakaran," ujar Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai, Eka Suyasmin di Karangasem, Sabtu (13/6/2020).

Hingga berita ini diturunkan, kapal nahas tersebut belum dievakuasi dari dermaga. Menurut informasi, evakuasi menunggu kapal penarik.

KM Dharma Rucitra mengalami kebocoran di bagian lambung saat merapat di Pelabuhan Padangbai, Jumat (12/6/2020) malam sekitar pukul 21.50 WITA. Akibatnya, kapal miring dan nyaris tenggelam. Seluruh awak kapal dan penumpang berhasil dievakuasi.


Editor : Reza Yunanto