KM Dharma Rucitra Belum Dievakuasi, Antrean Kendaraan Menumpuk di Padangbai

Yunda Ariesta ยท Sabtu, 13 Juni 2020 - 11:25 WIB
KM Dharma Rucitra Belum Dievakuasi, Antrean Kendaraan Menumpuk di Padangbai
Antrean kendaraan menumpuk di Pelabuhan Padangbai Bali setelah insiden KM Dharma Rucitra III nyaris tenggelam. (Foto: iNews.id/Yunda Ariesta)

KARANGASEM, iNews.id - KM Dharma Rucitra yang kandas di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali belum dievakuasi. Akibatnya, aktivitas penyeberangan terganggu lantaran dermaga belum bisa beroperasi lagi.

Pantauan iNews.id, Sabtu (13/6/2020) pagi, antrean kendaraan yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengular hingga keluar gerbang pelabuhan.

Hal itu terjadi lantaran KM Dharma Rucitra belum dievakuasi dari dermaga. Sedangkan dermaga lainnya yang biasa digunakan untuk bongkar muat kapal mengalami kendala lantaran banyak sampah dan tali dari lambung KM Dharma Rucitra yang berserakan.

"Evakuasi kapal masih menunggu koordinasi dengan Depo Manggis untuk bantuan penarikan," kata Koordinator Basarnas Kabupaten Karangasem, Ngurah Eka, Sabtu (13/6/2020).

Eka mengatakan, saat ini Basarnas membersihkan tali dan sampah dari lambung kapal yang berceceran di sekitar pelabuhan, agar tidak mengganggu kapal lain yang akan merapat dan bongkar muat.

Saat ini hanya satu dermaga di Pelabuhan Padangbai yang bisa digunakan untuk aktivitas penyeberangan. Pemeriksaan penumpang tetap dilakukan dengan ketat sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Akibat hanya satu dermaga yang beroperasi, antrean kendaraan yang menyeberang pun semakin panjang.

KM Dharma Rucitra III nyaris tenggelam saat merapat di Pelabuhan Padangbai, umat (12/6/2020) sekitar pukul 21.50 WITA akibat lambung bocor.

Sebanyak 60 orang penumpang dan awak kapal berhasil diselamatkan, namun puluhan kendaraan seperti motor, mobil, dan truk masih terjebak di lambung kapal.


Editor : Reza Yunanto