Transmisi Lokal Melonjak, 40 Desa dan Kelurahan di Denpasar Ajukan PKM

dewi umaryati ยท Selasa, 09 Juni 2020 - 08:48 WIB
Transmisi Lokal Melonjak, 40 Desa dan Kelurahan di Denpasar Ajukan PKM
Jubir Gugus Tugas Covid-19 Denpasar Dewa Gede Rai. (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id - Transmisi lokal penyebaran virus corona (Covid-19) di Kota Denpasar, Bali terus meningkat. Demi mencegah penularan meluas, sebanyak 40 desa, kelurahan, dan desa adat di Denpasar mengajukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Denpasar, Dewa Gede Rai mengatakan, sudah 40 desa kelurahan mengajukan PKM. Dari jumlah itu, sebanyak 20 desa/kelurahan telah mendapat persetujuan untuk menerapkan PKM.

"Kami memberikan apresiasi atas semangat desa/kelurahan dan desa adat dalam bekerjasama dan membangun partisipasi masyarakat dalam percepatan penanganan Covid-19," ujar Dewa Rai, Selasa (9/6/2020).

Dewa Rai mengatakan, PKM tidak hanya bersifat kuratif atau penyembuhan. PKM juga bentuk preventif pencegahan dan sosialisasi kepada warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Hingga Senin (8/6/2020) malam, jumlah kasus positif Covid-19 di Denpasar mencapai 136 orang. Sebagian besar kasus positif merupakan transmisi lokal.

Kasus terbaru yakni 7 orang yang berdomisili di empat wilayah berbeda. Sebanyak tiga orang berasal dari Desa Tegal Kerta, satu orang masing-masing dari Desa Padangsambian Kelod, Kelurahan Serangan, Kelurahan Dauh Puri, dan Kelurahan Padangsambian.

"Peningkatan kasus sudah terjadi. Kita harus lebih waspada," tuturnya.

Berikut daftar desa dan kelurahan yang telah mengajukan PKM. Di Kecamatan Denpasar Barat yakni Desa Dauh Puri Kangin, Dauh Puri Kauh, Dauh Puri Kelod, Padangsambian Kelod, Pemecutan Kelod, Tegal Harum dan Tegal Kertha. Sedangkan Kelurahan terdiri atas Dauh Puri, Padangsambian, Pemecutan.

Kecamatan Denpasar Selatan yakni Desa Sanur Kauh, Desa Sidekarya. Sedangkan Kelurahan yakni Panjer, Pedungan, Renon, Sanur, Serangan, dan Sesetan

Kecamatan Denpasar Timur yakni Desa Dangin Puri Klod, Kesiman Kertalangu, Kesiman Petilan, Penatih Dangin Puri, Sumerta Kaja, Sumerta Kauh, dan Sumerta Klod. Sedangkan Kelurahan yakni Dangin Puri, Kesiman, Penatih, Sumerta.

Kecamatan Denpasar Utara yakni Desa Dangin Puri Kaja, Dangin Puri Kangin, Dangin Puri Kauh, Dangin Puri Kaja, Peguyangan Kaja, Peguyangan Kangin, Pemecutan Kaja dan Ubung Kaja. Sedangkan Kelurahan yakni Tonja, Kelurahan Peguyangan dan Ubung.


Editor : Reza Yunanto