Tim SAR Temukan 2 Turis di Bali Tersesat dalam Hutan Karangasem

Reza Yunanto ยท Senin, 22 Juni 2020 - 10:18 WIB
Tim SAR Temukan 2 Turis di Bali Tersesat dalam Hutan Karangasem
Tim SAR temukan dua turis di Bali tersesat di hutan, Minggu (21/6/2020). (Instagram)

DENPASAR, iNews.id - Tim SAR gabungan menemukan dua orang warga negara Amerika Serikat yang tersesat di hutan Desa Sulumbung, Kabupaten Karangasem, Bali, Minggu (21/6/2020). Keduanya hendak menuju Desa Pererenan namun tersesat hingga ke hutan.

Kedua turis asing laki-laki tersebut yakni Roland dan Ridge. Keduanya memulai perjalanan pukul 17.00 WITA menggunakan sepeda motor dari Amed dengan tujuan Desa Pererenan.

Dalam perjalanan, keduanya memanfaatkan aplikasi penunjuk arah Google Map. Namun arah yang ditunjukkan aplikasi menuju ke Desa Selumbung hingga keduanya tersesat di Bukit Catu, Kecamatan Manggis.

Sadar telah salah arah, keduanya kemudian menghubungi rekannya yang bernama Isabela dan mengabarkan keberadaan mereka.

"Mereka panik karena merasa tersesat dan hari mulai gelap, selanjutnya salah seorang segera menghubungi temannya Isabela untuk meminta pertolongan," kata Kepala Basarnas Bali, Gede Darmada dikutip dari Instagram @basarnasbali, Senin (22/6/2020).

Darmada melanjutkan, Isabela kemudian melaporkan hal tersebut kepada Basarnas Bali sekitar pukul 21.20 WITA. Atas laporan tersebut, Basarnas Bali menggerakkan personel dari Pos SAR Karangasem untuk menuju lokasi dan melakukan pencarian.

Dibantu SAR dan warga setempat, tim gabungan menyusuri hutan dan melalui medan bukit yang terjal. Tim SAR melakukan pencarian berdasarkan kordinat lokasi yang diberikan korban kepada rekannya.

Setelah dua jam pencarian, keduanya ditemukan sekitar pukul 23.30 WITA di suatu tempat dalam kondisi selamat namun kehabisan perbekalan air minum.

"Beruntung mereka masih bisa mengakses jaringan internet, sehingga bisa share lokasi dan ternyata posisinya tak terlalu jauh dari jalan setapak," tutur Darmada.

Keduanya kemudian dievakuasi ke Polsek Manggis. Perjalanan dari titik penemuan hingga ke jalan raya membutuhkan waktu satu jam.


Editor : Reza Yunanto