Tes Swab di Bali, RSUP Sanglah Periksa 450-1.000 Spesimen Per Hari

Antara ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 17:45 WIB
Tes Swab di Bali, RSUP Sanglah Periksa 450-1.000 Spesimen Per Hari
RSUP Sanglah Denpasar Bali. (Foto: Istimewa)

DENPASAR, iNews.id - Sebagai salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Bali, RSUP Sanglah melakukan pemeriksaan spesimen sampel swab dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). RSUP Sanglah bisa memeriksa 450-1.000 sampel swab per hari.

"Kemampuan RSUP Sanglah per hari rata-rata untuk tes PCR itu 450 sampai 1.000 spesimen," kata Kasubah Humas RSUP Sanglah, I Dewa Ketut Kresna di Denpasar, Selasa (7/7/2020).

Dia mengatakan, RSUP Sanglah sudah mulai melakukan uji sampel spesimen swab berbasis PCR sejak Maret 2020. Hingga kini, total sudah 29.002 sampel yang telah diperiksa.

Menurutnya, pemeriksaan spesimen swab idealnya hanya memakan waktu satu hari saja. Namun pemeriksaan bisa saja berlanjut hingga dua sampai tiga hari bila ditemukan kondisi tertentu.

Hal tersebut juga dibenarkan Koordinator Laboratorium Mikrobiologi RSUP Sanglah, I Negah Tony Rustawan. Menurutnya, laboratorium PCR Covid-19 biasanya langsung mengeluarkan hasil uji spesimen dalam waktu satu hari setelah pemeriksaan. Kendati demikian, bila ditemukan kondisi tertentu, pemeriksaan bisa memakan waktu yang lebih lama. Namun tidak lebih dari tiga hari.

"Apabila ada kondisi tertentu misalnya terjadi pemeriksaan yang inklunkusif maupun intermediate, itu diperlukan pemeriksaan lebih lama. Bisa dua-tiga hari prosesnya," katanya.

Dia juga mengatakan, jumlah sampel yang semakin banyak pada kondisi wabah seperti ini juga memengaruhi. Oleh karena itu dia mengimbau masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan tes swab PCR untuk memeriksakan lebih awal.


Editor : Reza Yunanto