Sopir Barang Jawa-Bali asal Buleleng Positif Terjangkit Covid-19

dewi umaryati ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 18:59 WIB
Sopir Barang Jawa-Bali asal Buleleng Positif Terjangkit Covid-19
Sekda Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa. (Dok iNews.id)

BULELENG, iNews.id - Seorang sopir pengangkut barang asal Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali positif terjangkit virus corona (Covid-19). Sopir ini biasa mengantar barang rute Jawa-Bali.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, sopir ini mulanya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buleleng pada Minggu (31/5/2020) karena mengalami gejala sesak napas. Petugas rumah sakit kemudian melakukan rapid test terhadap sopir tersebut dan mendapatkan hasil reaktif Covid-19.

Tak menunggu lama, pasien tersebut langsung diambil sampel swab untuk menjalani tes swab berbasis PCR dan dikarantina di RS Pratama Giri Emas. Hari ini, hasil tes swab sopir tersebut telah keluar dan dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

"PDP 80 langsung dikarantina di RS Pratama Giri Emas," kata Suyasa dalam keterangan kepada media, Selasa (2/6/2020).

Suyasa menambahkan, sopir ini memiliki riwayat perjalanan ke luar Bali. Kendati demikian, dia bisa kembali ke Bali karena pada saat pemeriksaan rapid test di Pelabuhan Gilimanuk hasilnya nonreaktif.

"Saat ini kami masih melakukan tracing kepada orang-orang yang sempat kontak dengan PDP 80 ini," ujarnya.

Suyasa menambahkan, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Buleleng saat ini belum bisa memastikan penularan yang dialami sopir tersebut.

Selain sopir dengan kode PDP 80 ini, Kabupaten Buleleng juga mencatat penambahan satu pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien dengan kode PDP 82 ini tercatat sebagai warga Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula.

Menurut Suyasa, PDP 82 ini sempat melakukan kontak dengan keluarganya yang positif terjangkit Covid-19 yang merupakan PDP 76.

Dengan penambahan dua kasus terbaru ini, Suyasa mengatakan, jumlah pasien positif terjangkit Covid-19 yang masih menjalani perawatan di Buleleng berjumlah 12 orang.

Selain penambahan kasus positif, Buleleng juga mencatat dua kasus sembuh, yaitu PDP 72 dan PDP 77.

Suyasa menjelaskan, PDP 72 merupakan warga asal Kecamatan Sukasada yang sempat dirujuk ke RSUP Sanglah dan dirawat selama delapan hari.

Sementara PDP 77 merupakan warga asal Desa Bondalem yang dirawat di RS Pratama Giri Emas selama lima hari. Setelah menjalani swab sebanyak lima kali, pasien ini dinyatakan sembuh.


Editor : Reza Yunanto