Sekda Bali Titip Pesan ke Stafsus Milenial Jokowi: Tolong Insentif UMKM Ditingkatkan

Reza Yunanto · Senin, 30 November 2020 - 12:58:00 WITA
Sekda Bali Titip Pesan ke Stafsus Milenial Jokowi: Tolong Insentif UMKM Ditingkatkan
Sekda Bali Dewa Made Indra menerima Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Billy Mambrasar, Minggu (29/11/2020). (Foto: Humas Pemprov Bali)

DENPASAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menerima kunjungan Staf khusus Presiden Joko Widodo, Gracia Josaphat Jobel Mambrasar. Dalam pertemuan itu, Pemprov Bali menitipkan pesan agar insentif bagi pelaku UMKM di Pulau Dewata bisa ditingkatkan.

"Terkait dengan kondisi pandemi saat ini, saya berharap insentif kepada UMKM oleh pemerintah pusat bisa ditingkatkan lagi," kata Sekda Bali, Dewa Made Indra, diutip dari laman Facebook Pemprov Bali, Minggu (29/11/2020).

Dewa Indra mengatakan, permintaan itu bukan tanpa alasan. Pandemi Covid-19 benar-benar memukul perekonomian masyarakat Bali. Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sangat membantu pelaku UMKM agar bisa tetap bertahan di tengah guncangan ekonomi akibat dampak pandemi.

Pria yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Bali ini mengatakan, sektor pariwisata Bali mengalami dampak luar biasa akibat adanya pandemi Covid-19. Padahal sektor pariwisata Bali selama ini telah menyumbang 41 persen devisa kepada negara.

Selain itu, 54 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Bali merupakan dari sektor pariwisata. Namun semuanya menurun akibat pandemi, ditambah banyak pelaku usaha yang menutup usaha atau merumahkan karyawan.

"Setelah pandemi banyak pegawai yang dirumahkan atau diputus kerja. Meski saat ini wisatawan domestik telah dibuka, namun masih terbatas. Tiket pesawat ke Bali kalau bisa lebih murah. Saat ini tiket ke Bali masih cukup tinggi harganya," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2