Rumah Ibunda Bung Karno dan Masjid Jami Singaraja Ditetapkan Situs Cagar Budaya

Chusna Mohammad ยท Selasa, 04 Januari 2022 - 21:15:00 WITA
Rumah Ibunda Bung Karno dan Masjid Jami Singaraja Ditetapkan Situs Cagar Budaya
Rumah Ibunda Bung Karno di Buleleng ditetapkan situs cagar budaya. (Foto: MPI/Chusna Mohammad)

DENPASAR, iNews.id - Rumah Ibunda Presiden ke-1 RI Bung Karno, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben di Buleleng, Bali, ditetapkan menjadi situs cagar budaya. Hal itu diharapkan dapat menjadi daya tarik baru bagi wisatawan. 

Kediaman Srimben berada di Jalan Mayor Metra, Kelurahan Paket Agung, Singaraja, Buleleng. Di dalam rumah itu, terdapat Bale Agung, bangunan berukuran 3X3 meter yang merupakan kediaman sehari-hari ibu sang proklamator. 

Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan, penetapan itu berdasarkan surat keputusan Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali. "SK itu selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga," katanya, Selasa (4/1/2021). 

Menurut Dody, agar bisa menarik kunjungan wisatawan, nantinya akan semacam tulisan dan foto tentang kisah hidup Srimben yang dipajang di lokasi. 

Dengan begitu, setiap wisatawan yang datang akan mengetahui sejarah seorang ibu yang pernah melahirkan orang penting di negara ini. "Kalau ini bisa dikemas dengan bagus, akan jadi destinasi yang menarik," ujar Dody. 

Selain kediaman Srimben, satu lagi bangunan yang ditetapkan sebagai situs cagar budaya adalah Masjid Jami Singaraja.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: