Ribuan Petugas KPPS Denpasar Reaktif, KPU Bali: yang Positif Covid-19 Diganti

Bona Jaya ยท Jumat, 20 November 2020 - 12:34:00 WITA
Ribuan Petugas KPPS Denpasar Reaktif, KPU Bali: yang Positif Covid-19 Diganti
Rapid test dan tes swab di Gianyar, Bali (iNews.id/Nyoman Astana)

DENPASAR, iNews.id - Sebanyak 1.106 petugas KPPS Denpasar reaktif rapid test. Bila hasil tes swab dinyatakan positif terpapar Covid-19, maka akan dilakukan pergantian.

'Kita sudah punya protap. Bagi yang reaktif dan tidak memenuhi syarat hasilnya positif swab, maka akan diganti," kata Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Lidartawan, Jumat (20/11/2020).

Namun demikian Lidartawan mengingatkan bahwa yang reaktif itu belum tentu positif. Saat ini mereka juga telah menjalani isolasi mandiri. Bila telah sembuh sebelum tanggal yang ditentukan, petugas KPPS tersebut bisa kembali bertugas.

"Masih ada waktu untuk karantina. Bila sebelum tanggal 24 sudah sehat, bisa dipakai lagi," ujarnya.

Lidartawan meminta masyarakat tetap tenang dan tidak perlu khawatir berlebihan. Jajaran KPU di Bali telah melakukan tes untuk menjamin penyelenggaraan Pilkada aman dari Covid-19.

"Ini upaya KPU untuk meyakinkan masyarakat kalau tidak ada petugas yang terpapar Covid-19 dan membawa virus itu ke masyarakat," tuturnya.

Sebelumnya Ketua KPU Denpasar, Wayan Arsa Jaya membenarkan bahwa dari 10.818 petugas KPPS yang menjalankan rapid test, ada 1.106 yang mendapat hasil reaktif.


Editor : Reza Yunanto