Ribuan Korban PHK akibat Pandemi Covid-19 di Badung Bali Terima Bansos

Antara · Jumat, 24 Juli 2020 - 11:36 WIB
Ribuan Korban PHK akibat Pandemi Covid-19 di Badung Bali Terima Bansos
Wabup Badung Ketut Suiasa menyerahkan Bansos bagi pekerja korban PHK dan dirumahkan akibat pandemi Covid-19, Kamis (23/7/2020).

BADUNG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, Bali mencairkan Bantuan Sosial (Bansos) untuk pekerja yang terkena PHK atau dirumahkan akibat pandemi Covid-19. Total yang sudah menerima mencapai 2.493 orang.

"Kami menyerahkan bansos tahap II gelombang I di dua wilayah yaitu Kecamatan Kuta Utara dan Kecamatan Mengwi," ujar Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa di Mangupura, Kamis (23/7/2020).

Dia mengatakan, penyerahan Bansos itu diserahkan secara secara simbolis kepada 30 pekerja di Kecamatan Kuta Utara dan 50 pekerja di Kecamatan Mengwi. Masing-masing penerima mendapatkan Rp600.000 untuk tiga bulan.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Badung, IB Oka Dirga menjelaskan, pemberian bansos ini sebagai salah satu kebijakan strategis Pemkab Badung dalam percepatan penanganan wabah pandemi Covid-19.

Para pekerja formal yang menerima bansos harus memenuhi beberapa kriteria salah satunya mengalami PHK dan dirumahkan mulai 1 Maret 2020 dan diketahui manajemen perusahaan.

Selain itu penerima bansos harus melampirkan surat pernyataan belum pernah atau tidak sedang menerima bantuan dari pemerintah yang diketahui oleh kepala lingkungan atau Kelian dinas setempat serta nomor surat izin berusaha.

"Anggaran untuk bantuan sosial ini sebesar Rp15 miliar lebih yang bersumber dari APBD Badung tahun 2020 dengan jumlah kuota 8.335 orang penerima," katanya.

Menurutnya, jumlah pemohon yang mendaftar melalui sistem link sebanyak 9.839 pekerja yang selanjutnya diverifikasi dan cleansing oleh tim. Pada tahap II gelombang I itu, penerima bansos yang telah lolos verifikasi sebanyak 1.059 orang dari 5.452 pemohon.

"Total yang sudah cair hingga saat ini sebanyak 2.493 orang penerima," katanya.


Editor : Reza Yunanto