Puluhan Sopir Truk Sampah di Buleleng Protes Kebijakan Libur Kurangi Penghasilan

Pande Wismaya ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 13:39 WIB
Puluhan Sopir Truk Sampah di Buleleng Protes Kebijakan Libur Kurangi Penghasilan
Puluhan sopir truk sampah di Buleleng, Bali menyampaikan keluhan di DPRD Buleleng, Jumat (24/7/2020). (iNews.id/Pande Wismaya)

BULELENG, iNews.id - Puluhan sopir truk sampah di Kabupaten Buleleng, Bali protes dengan kebijakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang meliburkan mereka dua hari dalam sebulan. Kebijakan itu dinilai merugikan karena mengurangi penghasilan mereka sebagai tenaga lepas harian.

Protes tersebut dilakukan puluhan sopir dengan menemui pimpinan DPRD Buleleng, Jumat (24/7/2020). Di hadapan pimpinan DPRD, para sopir mengeluhkan kebijakan DLH Buleleng yang telah berjalan selama tiga bulan itu.

"Sudah tiga bulan dan rencana sampai akhir tahun ini," kata perwakilan sopir, Gede Suardika di kantor DPRD Buleleng, Jumat (24/7/2020).

Dia menambahkan, para sopir juga keberatan dengan kebijakan yang mewajibkan mereka membiayai kerusakan kendaraan terlebih dahulu. Mereka juga tidak lagi mendapatkan fasilitas kesehatan selama bertugas yang sebelumnya bisa mereka dapatkan seara gratis.

"Untuk diberikan masker saja para sopir tidak diberikan," tuturnya.

Dia mengatakan, kedatangan para sopir ingin meminta pimpinan DPRD mengevaluasi kebijakan DLH Pemkab Buleleng yang dinilai merugikan para sopir di tengah pandemi ini.

Menanggapi keluhan para sopir, Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna mengatakan, dewan akan memanggil Kepala Dinas LH Pemkab Buleleng untuk memberikan penjelasan terkait kebijakan yang dikeluhkan para sopir.

"Juga akan memperjuangkan terkait kekurangan anggaran agar tidak terjadi keresahan," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto