PPDB Bali, Orang Tua Diminta Lapor Kecurangan ke Posko Ombusdman

Muhammad Muhyiddin · Jumat, 25 Juni 2021 - 15:50:00 WITA
PPDB Bali, Orang Tua Diminta Lapor Kecurangan ke Posko Ombusdman
Kepala Ombudsman Bali Umar Ibnu Alkhatab. (Foto: iNews.id/Muhyiddin)

DENPASAR, iNews.id - Ombudsman Bali membuka posko pengaduan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021. Orang tua yang merasakan ada kecurangan dalam PPDB Bali diminta melapor ke posko pengaduan.

"Kita akan awasi dan monitoring semua proses di sana," tutur Kepala Ombudsman Bali, Umar Ibnu Alkhatab, Jumat (25/6/2021).

Dia mengatakan, Ombudsman Bali telah menerima dua laporan terkait PPDB tersebut. Dua laporan tersebut berasal dari orang tua murid di Denpasar tentang perbedaan teknis yang dihadapi saat proses mengikuti PPDB.

"Ada dua laporan terkait perbedaan juknis dengan yang diumumkan. Kita sudah minta klarifikasi dan sudah selesai," ujarnya.

Dia mengatakan, posko pengaduan ini siap menerima laporan orang tua murid dalam mengikuti PPDB untuk seluruh jenjang sekolah.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Disdikpora) Bali, Ketut Nguran Boy Jayawibawa mengatakan, pelaksanaan PPDB sudah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 17 tahun 2021. 

Dalam pergub itu jelas disebut PPDB harus dilakukan secara transparan dan bertanggung jawab. Dia yakin PPDB tahun berjalan adil karena dilakukan secara online dan transparan.

"Karena ini yang seleksi sistem," tutur Jayawibawa.

Dia menambahkan, seluruh kepala dinas pendidikan se-Bali berkomitmen PPDB tahun ini berjalan lancar. Kehadiran posko Ombudsman diharapkan bisa membantu pemecahan masalah yang ditemukan dalam PPDB.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: