Polisi Sebut Turis China Tewas di Nusa Penida Bali Abaikan Keselamatan saat Berfoto

Sindonews.com ยท Rabu, 22 Januari 2020 - 12:50 WIB
Polisi Sebut Turis China Tewas di Nusa Penida Bali Abaikan Keselamatan saat Berfoto
Turis China tewas jatuh dari tebing setinggi lima meter saat selfie di kawasan Nusa Penida, Bali. (Foto: SINDOnews)

DENPASAR, iNews.id – Polisi menyelidiki kasus turis China, Xu Xinyue yang tewas terjatuh dari tebing di kawasan wisata Nusa Penida, Bali. Polisi menyebut korban telah mengabaikan keselamatan karena berfoto di lokasi yang melewati batas aman.

"Posisi korban terlalu berada di pinggir tebing. Ketika ombak menghantam, korban seketika jatuh," kata Kapolsek Nusa Penida Kompol I Komang Reka Sanjaya, Rabu (22/1/2020).

Dia menjelaskan, korban Xu Xinyue terjatuh di lokasi Devil's Tears. Lokasi itu sebelumnya sudah dipasang pagar pembatas untuk menjaga jarak aman wisatawan dengan tebing berbatu karang.

Namun, menurut keterangan beberapa saksi, korban nekat berada di tepi tebing sebelah barat yang tidak ada pagar pembatasnya untuk berfoto.

BACA JUGA: Turis China Tewas Jatuh dari Tebing saat Selfie di Nusa Penida Bali

BACA JUGA: Bule Diduga Terjun Bebas di Uluwatu Bali, Tinggalkan Surat untuk Kekasih

Terkait peristiwa turis asing tewas ini, Perbekel Lembongan, Ketut Gede Arjaya mengatakan, pihaknya telah memasang papan peringatan di sekitar lokasi Devill’s Tears. Namun wisatawan sering mengabaikan peringatan itu.

Selain itu, kata dia, pemandu wisata seringkali tidak mengawasi rombongan wisatawan yang dibawanya. "Guide malah asik nongkrong di warung," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, turis China Xu Xinyue tewas saat berfoto bersama suami dan rombongan wisatawan dari negaranya.
Korban yang berdiri di tepi tebing, tiba-tiba dihantam ombak besar. Saat itu juga tubuh korban digulung ombak dan jatuh dari tebing.

Tubuh korban berhasil ditemukan tim SAR dan dievakuasi ke Puskesmas setempat. Sayang nyawa korban tak terselamatkan.


Editor : Reza Yunanto