PNS Polri dan Anggota Bidang Pelayanan Polda Bali Wajib Pakai Busana Adat

Antara ยท Rabu, 24 Februari 2021 - 09:06:00 WITA
PNS Polri dan Anggota Bidang Pelayanan Polda Bali Wajib Pakai Busana Adat
Kabid Humas Polda Bali Kombes Syamsi. (iNews.id/Indira Arri)

DENPASAR, iNews.id - Polda Bali akan menerapkan penggunaan busana adat kain tenun endek Bali bagi PNS Polri dan anggota polisi yang bertugas di bagian pelayanan publik. Penggunaan busana adat dan endek Bali akan dimulai pada tanggal 1 Maret 2021.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Syamsi mengatakan, penggunaan busana adat dan kain tenun endek Bali berlaku bagi seluruh PNS Polri dan anggota polisi yang bertugas di fungsi pelayanan publik.

"Penggunaan busana adat pada jam kerja setiap Kamis, Purnama dan Tilem. Sementara penggunaan busana kain tenun endek Bali pada jam kerja setiap hari Selasa, kecuali jika bertepatan dengan Purnama dan Tilem," ujar Syamsi di Denpasar, Selasa (23/2/2021).

Pemberitahuan rencana penggunaan busana adat Bali dan busana kain tenun endek Bali tersebut disampaikan Kapolda Bali ke jajarannya melalui surat telegram dengan nomor: ST/152/KEP./2021 tertanggal 19 Februari 2021.

Penggunaan endek Bali ini sekaligus menjadi salah satu bentuk implementasi Peraturan Gubernur Bali Nomor 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali.

Selain itu juga tercantum dalam Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali atau kain tenun tradisional Bali.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2