Penyebaran Covid-19 dari Klaster Pasar di Denpasar Meluas hingga ke Keluarga

Sindonews.com · Senin, 29 Juni 2020 - 08:12 WIB
Penyebaran Covid-19 dari Klaster Pasar di Denpasar Meluas hingga ke Keluarga
Kabag Humas Pemkot Denpasar Dewa Gede Rai. (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id - Penyebaran virus corona atau Covid-19 di Denpasar, Bali masih terus meningkat. Penyebaran virus dari klaster pasar kini mulai meluas hingga ke keluarga.

"Untuk klaster pasar memang saat ini sudah menurun, namun penularan terjadi di keluarga dan sulit dibendung," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Denpasar, Dewa Gede Rai di ruang kerjanya, Minggu (28/6/2020).


Dewa Rai mengatakan, penyebaran hingga keluarga perlu mendapat perhatian khusus oleh masyarakat Denpasar. Setiap orang harus peduli dengan kondisi kesehatan dan riwayat perjalanan tiap anggota keluarga termasuk tetangga sekitar.

"Jadi kita wajib mengetahui dan peduli dengan riwayat anggota keluarga, sanak saudara sekitar ataupun tetangga, serta lebih disiplin lagi dalam menerapkan protokol kesehatan, khususnya di lingkungan keluarga dan rumah tinggal,” ujarnya.

Dewa Rai menuturkan, Gugus Tugas Covid-19 Denpasar saat ini sedang menelusuri dua klaster baru penyebaran virus corona yakni klaster kasus baru dengan riwayat perjalanan dalam daerah, serta klaster pasar yang menular ke keluarga.

Selain itu, penelusuran terhadap Orang Tanpa Gejala (OTG) juga terus digencarkan. Dia menuturkan, seorang OTG yang dinyatakan positif terjangkit, jumlah orang yang terdeteksi pernah kontak langsung dengan OTG tersebut bisa mencapai puluhan orang.

"Sehingga kembali diingatkan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk di rumah tinggal dan keluarga,"ujar pria yang juga Kabag Humas Pemkot Denpasar ini.

Hingga Senin (29/6/) pagi, jumlah kasus positif di Denpasar berjumlah 509 orang, dengan 444 orang di antaranya merupakan kasus transmisi lokal. Denpasar masih tercatat sebagai penyumbang tertinggi kasus positif Covid-19 di Bali yang secara akumulatif mencatat kasus positif sebanyak 1.414 orang.


Editor : Reza Yunanto