Pariwisata Bali Dibuka untuk Wisatawan Asing 11 September

Bona Jaya ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 14:11 WIB
Pariwisata Bali Dibuka untuk Wisatawan Asing 11 September
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengatakan pariwisata akan dibuka untuk wisatawan asing pada 11 September. (iNews.id/Bona Jaya)

DENPASAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali akan membuka pariwisata untuk wisatawan asing mulai 11 September 2020. Pembukaan pariwisata tetap memerhatikan protokol kesehatan.

"11 September itu rencana kita dan mudah-mudahan tidak ada perubahan," kata Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Arta Ardana Sukawati di Denpasar, Rabu (22/7/2020).

Dia mengatakan, pemerintah Bali optimistis pariwisata bisa kembali dibuka untuk wisatawan asing karena sejumlah persiapan telah dilakukan.
Di antaranya dengan membuka pariwisata untuk warga lokal yang sudah dimulai pada 9 Juli lalu. Sejumlah hotel dan restoran pun telah dibuka bersamaan dengan pembukaan pariwisata untuk warga lokal itu.

Pembukaan objek wisata tersebut juga diikuti dengan sertifikasi protokol kesehatan yang diberikan oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota. Dengan sertifikasi itu, maka tiap objek wisata dianggap sudah memenuhi persyaratan protokol kesehatan.

Pria yang akrab disapa Cok Ace ini menilai, masyarakat Bali juga dinilai telah siap dengan pembukaan pariwisata bagi wisatawan asing. Dengan adanya Perarem (peraturan), masyarakat kini mulai tertib dan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Astungkara kesiapan masyarakat kita di Bali, dengan adanya Perarem makin tertib. Ini menjamin masyrakat luas kalau kita siap," tuturnya.

Cok Ace menambahkan, saat ini sejumlah agen wisata dari Australia dan beberapa negara lain sudah menyatakan kesiapan.


Editor : Reza Yunanto