Pantai Melasti Bali Dibuka, Pemuka Adat: Semoga Ekonomi Warga Bangkit Lagi

Antara ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 13:38 WIB
Pantai Melasti Bali Dibuka, Pemuka Adat: Semoga Ekonomi Warga Bangkit Lagi
Pantai Melasi di Kabupaten Badung, Bali akan kembali dibuka mulai Juli 2020. (iNews.id/Bagus Alit)

BADUNG, iNews.id - Pantai Melasti di Kabupaten Badung, Bali akan mulai dibuka lagi. Pembukaan kembali pantai yang sempat ditutup selama tiga bulan karena wabah virus corona (Covid-19), diharapkan bisa kembali menghidupkan perekonomian masyarakat.

"Masyarakat kami sudah tiga bulan tidak beraktivitas, kami tentunya berpikir dan mempertimbangkan dari sisi perekonomian masyarakat kami," kata Bendesa Adat Desa Ungasan, I Wayan Disel Astawa, Selasa (30/6/2020).

Astawa meyakini pembukaan kawasan pantai yang masuk dalam wilayah Desa Adat Ungasan itu akan menggerakkan kembali perekonomian warga yang mati suri selama pantai ditutup sejak Maret 2020 lalu.

Menurut Astawa, banyak dari warga Desa Ungasan yang mengandalkan pemasukan dari aktivitas pariwisata di Pantai Melasti. Seperti berdagang makanan, minuman, cinderamata, sampai penyewaan kursi di pantai.

"Kami berharap dengan ada wisatawan yang datang ke sini selain bisa menikmati alam di Pantai Melasti sekaligus juga bisa memberikan suatu dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat kami di Desa Ungasan," ujarnya.

Astawa menuturkan, uji coba penerapan protokol kesehatan Covid-19 di kawasan pantai juga sudah dilakukan selama sepekan terakhir. Di antaranya petugas yang berjaga di pantai menggunakan alat pelindung diri, menyediakan tempat cuci tangan di sejumlah titik, dan mendirikan pos pemeriksaan suhu tubuh di pintu-pintu masuk pantai.

"Kami juga menerapkan jaga jarak fisik di area pantai. Pecalang kami kerahkan untuk melakukan pengawasan," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto