Mitos Laut Bali Utara, Lokasi Tenggelamnya KM Liberty hingga Hilangnya KRI Nanggala 402

Fahmi Firdaus, Chusna Mohammad ยท Rabu, 27 Oktober 2021 - 20:48:00 WITA
Mitos Laut Bali Utara, Lokasi Tenggelamnya KM Liberty hingga Hilangnya KRI Nanggala 402
Ritual tabur bunga dan sesaji di perairan Bali untuk kru KRI Nanggala 402. (Foto: Pande Wismaya)

JAKARTA, iNews.id – Tragedi kapal tenggelam kembali terjadi di Laut Bali Utara. Kali ini, Kapal Motor (KM) Liberty 1 karam akibat dihantam badai

Kejadian tersebut seolah memunculkan kembali kisah keangkeran Laut Utara Bali. Sebelumnya, KRi Nanggala 402 juga tenggelam di perairan tersebut.

Kepala Kantor SAR Bali, Gede Darmada mengatakan, hingga Rabu (27/6/2021), tim SAR gabungan masih mencari keberadaan sembilan ABK yang hilang.

“Upaya pencarian hari ini dilanjutkan oleh 22 personel menggunakan Kapal SAR Arjuna 229. Lokasi pencarian berada diantara perairan utara Bali dan pulau Sapeken, Madura,” katanya.

Basarnas bahkan menyebutkan harapan kesembilan ABK itu ditemukan dalam keadaan selamat sangat tipis. 

"Orang berpegang pelampung maksimal hanya bisa bertahan dua hari (di laut), kecuali ditemukan kapal lewat," kata Gede Darmada. 

Dia mengatakan, kesembilan ABK itu diduga hanya memakai pelampung saat kapal dihantam badai dan tenggelam.  

Lokasi tenggelamnya KM Liberty 1, di perairan Bali Utara, ternyata berdekatan dengan hilangnya KRI Nanggala 402 yang terjadi, Minggu 25 April 2021 lalu. 

Di lokasi tersebut terdapat kawah yang berada di kedalaman 839 meter dengan diameter kurang lebih 38 meter. Kawah tersebut mempunyai kedalaman 10 hingga 15 meter. 

Tenggelamnya KM Liberty dan hilangnya KRI Nanggala memunculkan kembali cerita rakyat dan mitos kisah mistis laut Bali Utara, yang masih menjadi urban legend hingga saat ini. 

Laut Bali Utara, dikenal juga sebagai batas pemisah Pulau Jawa dan Bali. Dalam cerita rakyat, disebutkan bahwa Pulau Jawa dengan Pulau Bali merupakan teritorial satu- kesatuan dan tidak terpisah seperti saat ini. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: