Lupa Perpanjang Visa, Warga Kanada Diusir dari Bali Gegara Overstay 776 Hari

Reza Yunanto ยท Senin, 11 Juli 2022 - 11:58:00 WITA
Lupa Perpanjang Visa, Warga Kanada Diusir dari Bali Gegara Overstay 776 Hari
Petugas Imigrasi Bali mengawal deportasi WNA Kanada inisial AO (42) di Bandara Ngurah Rai, Jumat (8/7/2022). (Foto: Kanwil Kemenkumham Bali)

DENPASAR, iNews.id - Imigrasi kembali mendeportasi warga negara asing (WNA) di Bali. Dia adalah laki-laki inisial AO (42) yang merupakan warga negara Kanada.

Deportasi terhadap AO dilakukan karena dia overstay di Bali selama lebih dari dua tahun, tepatnya 776 hari.

"AO dideportasi karena telah melanggar Pasal 78 ayat 3 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, Anggiat Napitupulu dalam keterangan tertulis, Senin (11/7/2022).

Anggiat mengatakan, AO datang ke Indonesia dan mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali pada 17 Maret 2020. Dia berangkat dari Singapura menggunakan Bebas Visa Kunjungan (BVK).

"BVK berlaku selama 30 hari. Namun sejak kedatangan hingga berakhirnya masa berlaku izin tinggal pada tanggal 15 April 2020, yang bersangkutan tidak meninggalkan wilayah Indonesia," ujarnya.

Saat diperiksa petugas imigrasi, AO mengaku tak tahu kalau dalam maasa pandemi Covid-19 seorang pemegang BVK harus memperpanjang secara secara langsung (onshore) di kantor imigrasi setempat. 

Akibat kelalaian tersebut, petugas imigrasi mengambil tindakan administratif yang tepat yaitu sanksi deportasi.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: