Lezatnya Olahan Ayam Suna Cekuh Khas Bali

dewi umaryati ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 06:45 WIB
Lezatnya Olahan Ayam Suna Cekuh Khas Bali
Olahan ayam suna cekuh khas Bali. (Foto: iNews/Dewi Umaryati)

DENPASAR, iNews.id – Pulau Dewata tak hanya dikenal dengan pesona alam dan budayanya, tetapi juga kulinernya yang kaya akan rempah dengan rasa gurih dan pedas. Salah satu racikan kuliner yang semakin jarang ditemukan di warung makan, olahan ayam suna cekuh. Suna artinya bawang putih dan cekuh yang berarti kencur.

Bermula dari sinilah, seorang ibu rumah tangga bernama Gung Arri berani membuka usaha kuliner ini. Ditambah lagi, olahan makanan ini merupakan makanan favorit untuk keluarganya.

Dia memberanikan diri membuka usaha di tengah pandemi Covid-19, sekaligus untuk membantu perekonomian keluarga. Jam kerja suaminya yang dikurangi, berdampak pada penghasilan yang didapat setiap bulan.

“Suami saya jam kerjanya sudah berkurang banget, seminggu kerja seminggu libur,” kata Gung Arri yang menggunakan label Paon Mami yang artinya dapur mami. Berangkat dari sini, dia akhirnya ikut mencari jalan keluar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga.

Gung Arri mengatakan, cara membuat ayam suna cekuh ini mudah. Dia hanya perlu menghaluskan bumbu seperti bawang putih, kencur, cabai besar dan kecil sesuai selera, dan terasi.

Untuk membuat bumbu lebih meresap, setelah dihaluskan campurkan ke ayam yang telah dipotong, lalu diamkan semalaman di dalam kulkas. Pagi harinya, Gung Arri menambahkan air ke potongan ayam, lalu dimasak sampai matang.

Dalam sebulan bisnis ini berjalan, telah membuahkan hasil. “Biasanya menu ini dibuat hanya saat ada pesanan atau sebelumnya membuat daftar pesanan (pre order),” kata ibu dua anak ini.

Mengenai cara promosi, dia melakukannya secara online melalui media sosial. Mulai dari keluarga dekat, kerabat, teman, sampai akhirnya ada yang sudah menjadi langganan.

Penggunaan nama Paon Mami ini saran dari istri Wali Kota Denpasar, Ida Ayu Selly Fajarini Mantra. “Yang memberi masukan makanan ini supaya terlihat lebih ‘wah’ istri Wali Kota, Ibu Selly yang sekarang juga telah menjadi konsumen di Paon Mami,” katanya.

Dalam sebulan perkembangannya pun cukup pesat, karena per hari mampu menembus penjualan sampai 50 boks. Harga per boksnya dijual sangat terjangkau Rp30.000 dengan berat rata-rata kurang lebih 250 gram.

Sementara untuk paket lengkap dengan nasi per boksnya dijual Rp15.000 saja. Selain ayam suna cekuh, ada olahan ayam lain yang juga patut dicoba, ayam suwir sere lemo atau olahan ayam dengan bumbu terasi dan jeruk limo.

Jadi bagaimana, Anda tertarik untuk mengolah makanan ini bersama keluarga?


Editor : Dewi Umaryati