Bertambah 3, Pasien Covid-19 yang Sembuh di Buleleng Kini 26 Orang

Pande Wismaya ยท Sabtu, 16 Mei 2020 - 20:30 WIB
Bertambah 3, Pasien Covid-19 yang Sembuh di Buleleng Kini 26 Orang
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa

BULELENG, iNews.id – Pasien Covid-19 di Kabupaten Buleleng yang berhasil sembuh bertambah tiga orang. Dengan demikian, per Sabtu (16/5/2020), jumlah pasien sembuh di Buleleng menjadi 26 orang.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Sekda Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa menjelaskan, ketiga pasien sembuh telah dipulangkan dan sampai di rumah masing-masing. “Pasien yang sembuh yaitu pasien dengan register PDP 30 dan 36 merupakan pedagang dari Desa Bondalem, dan seorang pekerja migran dengan register PDP 39,” kata Suyasa.

Untuk pasien register 39 ini dirawat di rumah sakit selama 16 hari dan harus dites swab sampai delapan kali sampai hasilnya negatif dan diperbolehkan pulang.

Selain ada pasien sembuh, kasus positif di wilayah Bali Utara ini juga bertambah satu kasus. Satu pasien yang sebelumnya berstatus dalam pengawasan dengan register 51 terkonfirmasi positif Covid-19.

PDP 51 ini sebelumnya pernah dirawat di RSUD Buleleng, dengan gejala mirip Covid-19 dan diputuskan untuk dirapid test. “Setelah dari rapid test menunjukkan hasil reaktif, pasien ini dirujuk ke Rumah Sakit Giri Emas yang terpusat menangani Covid-19,” kata Suyasa.

Dengan hasil ini, tim surveilans melakukan tracing dan menemukan sebanyak 72 orang pernah kontak langsung dengan PDP 51. Sebanyak 20 di antaranya perawat dan dua dokter di RSUD Buleleng yang sebelumnya merawat pasien ini.

“Sebanyak 72 orang ini sudah kita rapid dan hasilnya negatif. Apakah nanti akan ada lagi yang dites, selama ada informasi baru akan terus kita tracing,” kata Suyasa.

Saat ini kasus positif di Buleleng menjadi 47 orang. Pasien ini terdiri atas 26 orang pasien sembuh dan 21 orang masih dirawat, yaitu 18 orang di Rumah Sakit Giri Emas, dan tiga orang masih dirawat di RSUP Sanglah Denpasar.


Editor : Dewi Umaryati