Lansia di Bali Rentan Terjangkit Covid-19, Sekda: Jangan Anggap Remeh OTG!

Antara · Selasa, 30 Juni 2020 - 15:40 WIB
Lansia di Bali Rentan Terjangkit Covid-19, Sekda: Jangan Anggap Remeh OTG!
Sekda Bali Dewa Made Indra. (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id - Warga Bali diminta tidak meremehkan Orang Tanpa Gejala (OTG). Kasus penularan virus corona (Covid-19) di Bali saat ini ditemukan bermula dari OTG.

"Ini OTG jangan dianggap remeh," kata Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra di Denpasar, Selasa (30/6/2020).

Dewa Indra menuturkan, OTG tersebut berbahaya bagi kaum lanjut usia (lansia). Beberapa kasus penularan Covid-19 di Bali yang bermula dari OTG mulai menjangkiti kaum lansia ini. Berbeda dengan pasien berusia muda, pasien lansia biasanya cenderung membutuhkan waktu lama untuk sembuh.

"Kalau menginfeksi yang muda-muda, antibodinya kuat. Jika positif pasti cepat sembuh. Tetapi kalau yang mengenai kelompok manula akan menimbulkan sakit dan sembuhnya menjadi lama karena imunnya sudah lemah," tutur pria yang juga Sekretaris Daerah Bali ini.

Dewa Indra menuturkan, dengan semakin banyaknya kaum lansia di Bali yang terpapar Covid-19, laju kesembuhan di Bali pun menjadi lambat.

"Pedagang-pedagang di pasar (positif Covid-19) itu lansia. Itu mulai mengenai. Lansia-lansia ini juga yang kini dirawat di rumah sakit," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto