Kronologi KM Dharma Rucitra III Nyaris Tenggelam di Pelabuhan Padangbai Bali

Sindonews, Miftachul Chusna ยท Sabtu, 13 Juni 2020 - 00:30 WIB
Kronologi KM Dharma Rucitra III Nyaris Tenggelam di Pelabuhan Padangbai Bali
KM Dharma Rucitra III nyaris tenggelam saat bersandar di dermaga Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali. (Foto: istimewa)

DENPASAR, iNews.id – Kapal Motor (KM) Dharma Rucitra III yang nyaris tenggelam di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Jumat (12/6/2020) malam hingga saat ini masih dibiarkan dalam posisi miring. Kapal tersebut diduga bocor di bagian lambung.

Diperoleh informasi, KM Dharma Rucitra III berangkat dari Pelabuhan Lembar pukul 17.30 Wita. Kapal tersebut kemudian tiba di area I perairan Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai pukul 21.50 Wita.

Nahas, ketika melakukan manuver untuk sandar kapal tersebut mengalami kemiringan yang diduga disebabkan oleh lambung kapal bocor. Air laut kemudian masuk ke lambung kapal dan ketika hampir berhasil sandar kapal mengalami kegagalan mesin, sehingga lambung kapal menyentuh dasar dermaga dan miring ke sebelah kiri.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Seluruh penumpang kapal yang berjumlah 60 orang selamat. Sedangkan puluhan kendaraan masih terjebak di dalam kapal.  

"Seluruh penumpang berhasil dievakuasi, tapi semua kendaraan masih terjebak di dalam," ujar seorang pemandu wisata yang sedang berada di kawasan Pelabuhan Padangbai.

Dia mengatakan, informasi yang diterimanya kapal tersebut sudah terasa bermasalah dan dipaksakan berlayar hingga Pelabuhan Padangbai.


Editor : Kastolani Marzuki