Kerahkan Sejumlah KRI, Pencarian Kapal Selam Nanggala 402 Andalkan Sonar

Tim iNews.id ยท Jumat, 23 April 2021 - 13:57:00 WITA
Kerahkan Sejumlah KRI, Pencarian Kapal Selam Nanggala 402 Andalkan Sonar
KRI Nanggala 402 hilang kontak di perairan Bali belum ditemukan. (Foto: Dok Antara Jatim)

DENPASAR, iNews.id - Pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan Bali bagian utara mengandalkan deteksi sonar. Salah satunya KRI Rigel yang akan merapat di Bali.

"Untuk saat ini diutamakan kapal-kapal yang memiliki kemampuan membaca sonar. Memang tidak semua kapal yang memiliki kemampuan membaca sonar, kapal-kapal yang ini diharapkan dari data awal akan digelar," kata Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad dalam konferensi pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Juamt (23/4/2021).

Menurutnya proses pencarian dengan deteksi bawah laut itu telah dilakukan KRI Rimau sejak Kamis (22/4/2021) kemarin. Nantinya akan diperkuat dengan KRI lain yang memiliki kemamuan deteksi bawah laut termasuk KRI Rigel yang pernah membantu pencarian pesawat Sriwijaya Air.

"Karena dari pencarian kemarin ini ada KRI Rimau dan nantinya akan diperkuat dengan KRI-KRI lain yang memang bisa mendeteksi dari mana titiknya," tutur Riad.

Pencarian masih dipusatkan di lokasi hilangnya kapal selam tersebut. Di lokasi itu KRI Rimau menangkap adanya titik magnet kuat di kedalaman 50-100 meter dalam keadaan melayang.

"Kapalnya kan sudah diam, tidak ada suara dan hanya sonar yang bisa menangkap," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto