Kepala Dinas di Bali Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Pengadaan Masker

Chusna Mohammad ยท Kamis, 25 November 2021 - 21:31:00 WITA
Kepala Dinas di Bali Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Pengadaan Masker
Kepala Dinas Perpustakaan Karangasem I Gede Basma (memegang map) saat digiring menuju mobil tahanan (Chusna Mohammad/MNC Portal)

DENPASAR, iNews.id - Kepala Dinas Perpustakaan Karangasem, Bali, I Gede Basma, ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus korupsi. Dia diduga melakukan korupsi pengadaan masker dengan nilai Rp2,9 miliar. 

Basma melakukan korupsi ketika menjabat Kepala Dinas Sosial Karangasem. Perbuatan itu dilakukan tidak sendirian, tapi bersama enam staf Dinas Sosial Karangasem yang ikut menjadi tersangka. Mereka adalah GS, IWB, INR, IKSA, NKS, dan IGBY.

"Ketujuh tersangka dilakukan penahanan di tiga tempat berbeda," kata Kasi Intel Kejari Karangasem I Dewa Gede Semara Putra, Kamis (25/11/2021). 

Semara Putra menambahka, kasus itu bermula dari pengadaan masker ketika kasus Covid-19 mulai mewabah. Dinas Sosial Karangasem saat itu dipercaya menggarap proyek pengadaan 512.000 masker dengan anggaran APBD Karangasem.

"Saat itu tersangka  menjabat Kepala Dinas Sosial," kata dia.

Dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan saksi, Kejaksaan mulai menemukan ada kejanggalan dilanjutkan ke penyelidikan sejak Mei 2021. Masker yang dibuat tidak memenuhi standar kementerian kesehatan karena hanya masker scuba. 

Menurut Putra, pihaknya masih menunggu penghitungan resmi dari BPK Provinsi Bali untuk nilai kerugian.

"Namun penyidik sudah memiliki hitungan diperikirakan Rp2 miliar lebih," katanya. 

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: