Kapolda Bali Irjen Petrus Golose Gagas Hand Sanitizer dan Disinfektan dari Arak

Antara ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 11:40:00 WITA
Kapolda Bali Irjen Petrus Golose Gagas Hand Sanitizer dan Disinfektan dari Arak
Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Golose menggagas pembuatan hand sanitizer dan disinfektan dari arak Bali bersama Universitas Udayana. (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id –Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Golose menggagas pembuatan disinfektan dan hand sanitizer berbahan dasar arak Bali. Hal itu dilakukan untuk mengatasi kelangkaan sejak merebaknya virus corona (Covid-19).

"Saat ini cairan disinfektan dan cairan pembersih tangan sangat langka dan sulit dicari masyarakat. Bahkan cairan disinfektan dibuat sendiri oleh masyarakat dengan menggunakan bahan seadanya. Hal itu juga terjadi karena bahan utama kimia seperti cairan alkohol yang sudah langka dan mahal harganya juga menjadi penyebabnya,” kata dia di Denpasar, Senin (30/3/2020).

Untuk mewujudkan niatan tersebut, dia  telah memberikan 3.000 liter arak Bali kepada Universitas Udayana untuk diteliti dan diekstrak menjadi alkohol murni 96 persen sesuai standar kesehatan.

Proses ekstrak pemurnian alkohol ini menggunakan peralatan di laboratorium Fakultas Farmasi Universitas Udayana.

Dia menambahkan, pembuatan cairan disinfektan dan hand sanitizer akan dilakukan dengan aman dan sesuai standar yang telah ditentukan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Jika kandungan disinfektan yang dihasilkan bisa memenuhi standar, maka akan digunakan pertama kali di lingkungan Polda Bali dan Universitas Udayana.

Selanjutnya, pembuatan cairan disinfektan dan cairan pembersih tangan ini dilakukan dalam bentuk skala besar.

"Selanjutnya cairan pembersih tangan dan disinfektan ini akan dipergunakan untuk masyarakat Bali," ujarnya. 

Dia berharap melalui kerja sama antara Polda Bali dan Universitas Udayana ini dapat membantu pemerintah dalam mengatasi kelangkaan disinfektan dan cairan pembersih tangan di Bali.

Dia mengatakan, kerjasama ini tidak hanya dilakukan di tingkat Polda Bali saja tapi akan dilanjutkan sampai ke tingkat Polres dan Polresta di bawah Polda Bali.

“Dengan mendatangkan tenaga ahli dari Fakultas Farmasi Universitas Udayana,” kata mantan petinggi Densus 88 Antiteror Polri ini.


Editor : Reza Yunanto