Jelang Kedatangan Wisatawan Asing di Bali, Pintu Masuk Pantai Kuta Diperketat

Chusna Mohammad ยท Rabu, 06 Oktober 2021 - 16:15:00 WITA
Jelang Kedatangan Wisatawan Asing di Bali, Pintu Masuk Pantai Kuta Diperketat
Penutupan pintu masuk ke Pantai Kuta Bali dengan bata ringan. (Foto: Chusna Mohammad)

DENPASAR, iNews.id - Pintu masuk Pantai Kuta diperketat jelang kedatangan wisatawan mancanegara. Bandara Ngurah Rai akan membuka kembali penerbangan internasional pada 14 Oktober 2021. 

Sebanyak 17 pintu masuk Pantai Kuta ditutup permanen. Hanya tersisa 13 pintu masuk ke pantai tersebut. 

"Penutupan dilakukan berdasarkan paruman (musyawarah) warga desa," kata Bendesa Adat Kuta I Wayan Wasista ketika dihubungi, Rabu (6/10/2021).

Penutupan di 13 pintu masuk pantai yang menjadi ikon pariwisata Bali itu dilakukan dengan memasang bata ringan. Sebelumnya pintu masuk itu hanya ditutup dengan menggunakan bambu dan kayu.

Wasista menjelaskan, pantai Kuta hanya punya delapan barcode PeduliLindungi yang telah dipasang di delapan pintu masuk sejak pantai dibuka 8 September lalu.

Nantinya, wisatawan yang akan ke pantai hanya boleh masuk lewat delapan pintu itu. Untuk lima pintu masuk lagi dikhususkan untuk akses keluar masuk pedagang, petugas kebersihan dan penjual jasa.

Dengan begitu, pengawasan akan lebih mudah dilakukan ketimbang membuka 30 pintu masuk yang ada. "Tidak mungkin seluruh petugas harus menjaga 30 pintu itu," ujar Wasista.

Dia menambahkan, sejak dibuka, pengunjung pantai Kuta dibatasi 8.000 orang atau 50 persen sesuai Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 15 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Bali. 

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: