Hari Pertama PKM di Denpasar, 24 Kendaraan Diminta Putar Balik

Antara ยท Jumat, 15 Mei 2020 - 16:15 WIB
Hari Pertama PKM di Denpasar, 24 Kendaraan Diminta Putar Balik
Pemeriksaan kendaraan yang melintas di Posko Umanyar Denpasar (Foto: Dishub Denpsar))

DENPASAR, iNews.id - Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Denpasar, Bali mulai dilakukan hari ini. Sebanyak 24 kendaraan diminta putar balik karena tak memenuhi syarat masuk ke Denpasar.

Sebanyak 24 kendaraan yang diminta putar balik itu tak bisa memenuhi surat-surat yang dibutuhkan untuk masuk ke Denpasar ketika melintasi Posko Pemantauan di Umanyar. Kendaraan yang diminta putar balik itu terdiri atas 22 motor dan 2 mobil.

"Tahap pertama ini masih sosialisasi, sanksi bersifat administratif dan sesuai wilayah adat masing-masing," kata Kapolresta Denpasar AKBP Jansen Avitus Panjaitan di Denpasar, Juamt (15/5/2020).

Dia menilai penerapan PKM di hari pertama tidak mengalami banyak kendala. Sebelum PKM diberlakukan, warga sudah mulai disiplin melengkapi diri sesuai protokol kesehatan. Kendati demikian, masih ada beberapa pengendara yang terlihat lalai.

Dia mengatakan, dalam pengawasan PKM, personel yang terlibat tetap mengutamakan tindakan humanis. Dari Polresta Denpasar mengerahkan 34 personel dan ada juga gabungan dari Dinas Perhubungan, Satpol PP Kota Denpasar.

PKM di Denpasar resmi dimulai hari ini, Jumat 15 Mei 2020 sampai 30 Mei 2020. PKM bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya mulai 31 Mei 2020 sampai 14 Juni 2020.

Penerapan PKM berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 32 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Desa, Kelurahan dan Desa Adat Dalam Percepatan Penanganan Covid-19.

Selama PKM berlangsung, ada 11 pos pemantauan yang didirikan untuk memantau arus keluar masuk Denpasar dan memantau aktivitas masyarakat.

Berikut 11 titik pos pantau tersebut:

1. Pos Ayani di Jalan Ahmad Yani Selatan
2. Pos Mahendra di traffic light Gunung Salak
3. Pos Catur Muka Lapangan Puputan
4. Pos Imam Bonjol di traffic light Pulau Galang
5. Pos Biaung di Jalan Prof IB Mantra
6. Pos Mina di Jalan Antasura
7. Pos Penatih di Jalan Trengguli
8. Pos Tohpati di traffic light Pos Polisi Tohpati
9. Pos Diponegoro di tempat pameran Sesetan
10. Pos Gatsu di Jalan Gatot Subroto Barat
11. Pos Pantau Induk di Umanyar-Ubung Denpasar


Editor : Reza Yunanto