Hari Ini, 21 Penyintas Covid-19 di Bali Akan Donor Plasma Konvalesen

dewi umaryati ยท Kamis, 01 Oktober 2020 - 07:00 WITA
Hari Ini, 21 Penyintas Covid-19 di Bali Akan Donor Plasma Konvalesen
Sejumlah warga Bali penyintas Covid-19 mengikuti screening kesehatan awal melalui uji laboratorium sebelum mendonorkan plasma konvalesen di Makodim 1610/Klungkung, Kamis (1/10/2020) (Foto : Kodim 1610/Klungkung)

KLUNGKUNG, iNews.id - Sebanyak 21 orang asal Bali yang sembuh dari Covid-19 akan mendonorkan plasma Konvalesen hari ini, Kamis (1/10/2020). Mereka dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah mengikuti screening sample darah dari di Makodim 1610/ Klungkung.

Mereka yang mendaftar sebagai sukarelawan donor plasma ini terdiri dari 13 warga asal Klungkung, lima orang warga Karangasem dan tiga orang dari Bangli. Seluruhnya telah mengikuti screening kesehatan tahap awal, dengan mengambil darah dan diuji laboratorium, sebagai syarat melakukan donor plasma.

"Kegiatan screening ini bertujuan untuk mendapat mendapat anti bodi yang terbaik sehingga dapat dimanfaatkan membantu penyembuhan pasien Covid-19 kategori berat," kata Komandan Kodim (Dandim) 1610/Klungkung, Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, Rabu (30/9/2020).

Paulus menambahkan, pelaksanaan kegiatan donor plasma darah konvalesen yang rencananya digelar hari ini, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke 75 TNI.

Setelah dilakukan screening awal melalui uji laboratorium, lanjut Paulus, dari 26 orang yang mendaftar hanya 21 orang yang dianggap memenuhi syarat sebagai pendonor plasma konvalesen. Sementara dua orang lagi sebagai pendonor darah biasa.

Paulus memastikan, selama pelaksanaan kegiatan screening tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai prosedur yang menjadi pedoman di tengah pandemi Covid-19.

"Memakai masker yang benar, jaga jarak dan cuci tangan dan pengukuran suhu tubuh wajib kita lakukan," katanya.

Donor plasma ini diikuti warga yang telah sembuh dan secara sukarela bersedia mendonorkan plasma darahnya. “Mereka para penyintas Covid-19 ini dengan kesadaran sendiri mendonorkan plasma darahnya melalui imbauan para babinsa,” kata Paulus Joni.


Editor : Dewi Umaryati