Ratusan Anggota TNI di Bali Sembuh dari Covid-19, 9 Masih Dirawat

Antara ยท Rabu, 30 September 2020 - 11:49:00 WITA
Ratusan Anggota TNI di Bali Sembuh dari Covid-19, 9 Masih Dirawat
Pangdam IX Udayana Mayjen Kurnia Dewantara mengecek proses donor plasma konvalesen di Makorem 163/Wira Satya, Denpasar, Selasa (29/9/2020). (Foto: Korem 163/Wira Satya)

DENPASAR, iNews.id - Ratusan anggota TNI di Kodam IX Udayana Bali yang terpapar Covid-19, mayoritas telah sembuh. Masih ada sembilan orang yang menjalani perawatan.

Pangdam IX Udayana, Mayjen Kurnia Dewantara mengatakan, ada 109 anggotanya yang terpapar virus corona. Meski sebagian besar telah sembuh, namun ada tiga yang meninggal dunia.

"Ketiganya meninggal dengan penyakit penyerta. Satu orang hipertensi dan dua orang lainnya diabetes," ucapnya di Aula Kodam IX Udayana, Denpasar, Selasa (29/9/2020).

Dia mengatakan, anggota TNI yang sembuh itu sebagian telah mendonorkan plasma darahnya untuk penyembuhan pasien Covid-19.

Kodam IX Udayana juga terus membuka kesempatan kepada anggota TNI maupun masyarakat yang telah sembuh dari Covid-19 untuk mendonorkan plasma darahnya.

"Hari ini ada 37 pendonor, tapi sebenarnya 109 orang. Namun yang lolos hanya 37 orang. Dari 37 itu, 22 orang dari masyarakat dan 15 orang anggota Kodam IX Udayana," katanya.

Menurutnya, potensi pendonor plasma darah di Bali cukup banyak. Jumlahnya sekitar 400 pendonor. Namun dalam prosesnya menemui kendala berupa cara untuk mengajak pendonor ini untuk sadar dan mau mendonorkan plasmanya.

Dia mengatakan, untuk menghadapi persoalan ini, para Babinsa di kabupaten-kota di Bali telah melakukan pendekatan terhadap calon pendonor.

"Dari 400 calon pendonor sudah diperiksa 109 orang dan memenuhi syarat hanya 37 orang yang mendonorkan plasmanya hari ini," katanya.


Editor : Reza Yunanto